PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SURAT RESMI MELALUI METODE PROBLEM SOLVING KELAS VI SEMESTER II SDN JOHO II KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.107Abstract
Abstrak: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI Semester II SDN Joho II Kecamatan Wates Kabupaten Kediri mengacu pada kurikulum terbaru berbasis kompetensi dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memuat standart kompetensi dan kompetensi dasar.
Bahasa Indonesia di Kelas VI Semester II SDN Joho II Kecamatan Wates Kabupaten Kediri berisi materi essential yang singkat dan padat diantaranya kemampuan merespons instruksi yang sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas sehingga peserta didik mampu melakukan tindakan sesuai instruksi dalam konteks kelas. Mengungkapkan informasi sangat sederhana, mampu bercakap untuk menyertai tindakan yang melibatkan tindak tutur, dan kalimat dalam Bahasa Indonesia dalam konteks yang melibatkan kata dan kalimat secara sederhana. Selain itu peserta didik mampu mengambil intisari surat resmi yang tersirat dalam kalimat atau ujaran Bahasa Indonesia yang sangat sederhana dengan tanda bahasa yang baik dan benar..
Dengan menerapkan metode problem solving pada pembelajaran lanjutan melalui tindakan kelas diharapkan siswa mampu mencapai standar kompetensi belajar minimal (SKBM) atau indikator kinerja yang telah ditetapkan dalam pembelajaran. pada siswa Kelas VI Semester II SDN Joho II Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dilaksanakan dalam dua siklus dari hasil yang diperoleh bisa mencapai hasil yang optimal.
Terbukti pada siklus ke 2 ada peningkatan rata-rata nilai mencapai 84,89 %. Data prestasi belajar diperoleh siswa pada awal tindakan dan akhir tindakan mengalami kenaikan rata-rata mencapai 72.07 %. Dari data tersebut dapat dirangkum bahwa hasil yang diperoleh bisa mencapai optimal.
Kata Kunci: Kemampuan, Surat resmi, problem solving,
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License