Penerapan Model Pembelajaran TGT Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Tentang Program Linier Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung

Authors

  • Abd Rouf SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13675

Keywords:

Model Pembelajaran TGT, Aktivitas, Prestasi, Linier

Abstract

Penerapan model pembelajaran TGT, akan mendorong siswa/ tim untuk berlomba-lomba  mencari jawaban sebanyak mungkin agar kelompok mereka dapat unggul dan keluar sebagai pemenangnya, mendorong tumbuhnya minat dan partisipasi siswa serta menciptakan  kondisi keterlibatan secara langsung dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, kemudian hasil belajar dengan cara belajar mencari dan menemukan sendiri lebih mudah dihafalkan, diingat dan mudah ditransfer, disamping itu dapat menciptakan kondisi belajar yang asyik dan menyenangkan serta adanya unsur bermain, dapat dimanfaatkan sebagai wahana untuk melatih perilaku sehingga akan semakin mantap eksistensi perilaku yang diperolehnya serta menciptakan dan mendorong tumbuhnya kesadaran menuju masyarakat belajar. Dengan kondisi seperti inilah akan terciptalah perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran/ aktivitas belajar dan pada gilirannya akan meningkatkan prestasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin Z, 2008, Evaluasi Instruksional, Prinsip, Teknik, Prosedur Belajar, Bandung, Remaja Karya

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006, Guru dan Anak Didik Dalam Interkasi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta

Endang Ekowati, 2005, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual,Depdiknas, Dirjen Dikdasmen,PPPG IPS dan PMP Malang

Melvin L Silberman, 2004, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung, Nusamedia

Moh. Uzer Usman, 2000, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya

Mulyasa, 2005, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah, 2005, Psikologi Belajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada

Ngalimun, 2011, Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo

Nur Muhammad, 2008, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung Offset

Roestiyah, 2008, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Bina Aksara

Slavin Robert E, 2004, Cooperative Learning, Boston, Allyan and Bacon

Soedijarto, 2003, Model-model mengajar CBSA, Bandung, Sinar Baru

Suryabrata, 2000, Psikologi Kepribadian, Jakarta, CV Rajawali

Tim Didaktik Unesa, 2009, Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM, Jakarta, CV Rajawali

Tim Prima Pena, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gitamedia Press

PlumX Metrics

Published

2019-09-13

How to Cite

Rouf, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Tentang Program Linier Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13675