Penerapan Model Pembelajaran TGT Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Tentang Program Linier Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung
Abstract
Penerapan model pembelajaran TGT, akan mendorong siswa/ tim untuk berlomba-lomba mencari jawaban sebanyak mungkin agar kelompok mereka dapat unggul dan keluar sebagai pemenangnya, mendorong tumbuhnya minat dan partisipasi siswa serta menciptakan kondisi keterlibatan secara langsung dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, kemudian hasil belajar dengan cara belajar mencari dan menemukan sendiri lebih mudah dihafalkan, diingat dan mudah ditransfer, disamping itu dapat menciptakan kondisi belajar yang asyik dan menyenangkan serta adanya unsur bermain, dapat dimanfaatkan sebagai wahana untuk melatih perilaku sehingga akan semakin mantap eksistensi perilaku yang diperolehnya serta menciptakan dan mendorong tumbuhnya kesadaran menuju masyarakat belajar. Dengan kondisi seperti inilah akan terciptalah perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran/ aktivitas belajar dan pada gilirannya akan meningkatkan prestasi belajar siswa
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri, 2006, Guru dan Anak Didik Dalam Interkasi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta
Endang Ekowati, 2005, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual,Depdiknas, Dirjen Dikdasmen,PPPG IPS dan PMP Malang
Melvin L Silberman, 2004, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung, Nusamedia
Moh. Uzer Usman, 2000, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya
Mulyasa, 2005, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah, 2005, Psikologi Belajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada
Ngalimun, 2011, Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo
Nur Muhammad, 2008, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung Offset
Roestiyah, 2008, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Bina Aksara
Slavin Robert E, 2004, Cooperative Learning, Boston, Allyan and Bacon
Soedijarto, 2003, Model-model mengajar CBSA, Bandung, Sinar Baru
Suryabrata, 2000, Psikologi Kepribadian, Jakarta, CV Rajawali
Tim Didaktik Unesa, 2009, Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM, Jakarta, CV Rajawali
Tim Prima Pena, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gitamedia Press
Copyright (c) 2019 PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License