Main Article Content

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran tematik tema 7 subtema 3di kelas V SDN Sumberpucung 6 lebih sering menggunakan  model pembelajaran konvensional. Selain itu, metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan penugasan. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui pengaruh model Brain Based Learning (BBL) berbasis eksperimen terhadap hasil belajar tema 7 subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode eksperimen.  Hasil uji soal pretest yaitu data berdistribusi normal dan homogen, pada uji hipotesis memperoleh hasil 0,15 > 0,05 artinya H0 diterima. Setelah kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi perlakuan, dilakukan posttest. Hasilnya data tersebut berdistribusi normal dan homogen, sedangkan pada uji  hipotesis adalah 0,179 > 0,05 artinya H0 diterima. Hasil penghitungan N Gain Score kelas eksperimen memperoleh rata-rata 0,3519 sedangkan kelas kontrol 0,2668.  Hasil yang diperoleh menunjukkan pembelajaran model BBL tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar tena 7 subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan pada siswa kelas V SDN sumberpucung 6 Kabupaten Malang.

Keywords

Pengaruh, Brain Based Learning (BBL), Eksperimen

Article Details

How to Cite
Erlita, R., Untari, E., & Murdiyah, S. (2020). Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 116-126. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14495

References

  1. Awarlin, Rima. 2019. Efektivitas Model Jigsaw dengan Two Stay Two Stray pada Materi FBP dan KPK di Kelas IV SDN Bendo 1. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM
  2. Dimyati dan Mudjiyono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Djamarah, Syaiful Bahri, Dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Efendi, Mohammad. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar Ke Arah Pemahaman KBK, KTSP dan SBI. Malang: FIP UM
  5. Esa, Riza Billy Sasmita. 2017. Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM
  6. Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Kooperatif (Make-A Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Humaniora. UIN Sultan Syarif Kasim Riau Vol.3. Dari https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3597/
  7. Indriani, Fitri. 2016. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micri di PGSD UAD Yogyakarta. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Surakarta Vol: 2. Dari https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1643.
  8. Istikomah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Ekosiste Peserta Didik Kelas V MIN Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
  9. Laksmi, Sujana, Suryaabadi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning) Berbantuan Teka-Teki SilangTerhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus 1 Gusti Ngurah Jelantik. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha Vol: 2. Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2055.
  10. Mustiada, Agung, dan Antari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Bermuatan Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha Vol: 2. Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2250.
  11. Nahdi, Dede Salim. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal. Cakrawala Pendas, 1(1),13⁻ 22. Dari https://www.neliti.com/id/publications/266386/meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-penalaran-matematis-siswa-melalui-mod.
  12. Prasojo, Sarwo Edi & Zain, Aswan. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Siswa Kelas I SDN Ngaliyan 01 Semarang. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
  13. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif,Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
  14. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
  15. Widyaiswara, Rudi. 2015. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak pada Pembelajaran Matematika untuk Orang Dewasa. Artikel. E-Buletin Edisi April, 1⁻11. Dari https://adoc.tips/pembelajaran-berbasis-kemampuan-otak-pada-pembelajaran-matem.html)