Peningkatan Hasil Belajar Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku melalui Model Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12689Keywords:
peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa, model mind mappingAbstract
Hasil belajar siswa rendah disebabkan motivasi belajar rendah dan pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan variasi pembelajaran agar dapat tercapai hasil belajar yang maksimal. Jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru sebesar 100% kriteria sangat baik, aktivitas siswa sebesar 92,5% kriteria sangat baik dan hasil belajar yaitu aspek sikap terdapat 2 aspek tuntas, aspek keterampilan terdapat 32 siswa tuntas, dan aspek pengetahuan sebesar 90% kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Downloads
References
Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mehakati, Frederikus Umbu. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan (Mind Mapping) Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sd. 678 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke-6 2017. https://www.google.com/url/jurnal.fkip.uns.ac.id%2Findex.php
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. (Online).(https:// bsnp-indonesia.org/), diakses pada 23 April 2018
Safitri, Dyah. 2016. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd N Balangan 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 Tahun ke-5 2016. Dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Yoananda, Devi Afriyuni. 2017. Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pkn Tentang Sistempemerintahan Melalui Metode M2m (Mind Mapping) Kelas Iv Mi Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.1 Edisi Januari 2017. Dari http://eprints.umm.ac.id/ 30766/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License