The influence of video-based media multiplication boards in improving mathematics learning outcomes for MI plus grade II students Al-Istighotsah Tulungagung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lina Falah
Eni Setyowati
H. Akhyak

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung, diketahui bahwa proses pembelajaran secara daring belum menggunakan media pembelajaran, hanya meminta peserta didik untuk membaca, mengamati dan mengerjakan tugas. Sehingga kurang memahami materi perkalian yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media Papan Perkalian berbasis video dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas II MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan analisis data dapat dilihat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang mendapat perlakukan khsuus (Menggunakan media papan perkalian berbasis video) dengan pembelajaran yang tidak mendapat perlakuan khusus. Ini terlihat dari hasil analisis pada uji t-test yang memperoleh nilai thitung yaitu 2,087, sedangkan nilai ttabel yaitu 1,697 pada taraf signifikasi 5% dengan db = N-2 = 56-2 = 54. Berdasarkan hasil thitung dengan ttabel dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel yaitu 2,087 >1,697 dengan sig. (2-tiled) yaitu 0,042 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media papan perkalian berbasis video dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas II MI Plus Al – Istighotsah Tulungagung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Falah, L., Setyowati, E., & H. Akhyak. (2022). The influence of video-based media multiplication boards in improving mathematics learning outcomes for MI plus grade II students Al-Istighotsah Tulungagung . JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(2), 332–343. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i2.16145

References

  1. Abdul Latip. 2020. Peran literasi Teknologi informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Dan Pendidikan Teknologi, No. 2, Vol. 1.
  2. Ahmar, Ansari Saleh. 2019. Berhitung Cepat Matematika Perkalian. Sulawesi: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
  3. Arif Yudianto. 2017. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran, seminar pendidikan nasional.
  4. Danoebroto, Sri Wulandari. 2012. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangun Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vo. 1 No. 1
  5. Erman Suherman, dkk. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
  6. Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Vol. 1 No. 4
  7. Inarotul Humaero dkk, Upaya peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian melalui Media Papan Napier Kelas III Di SD Negeri Kalisabuk 03 Tahun 2019, Jurnal Pancar, Vol 3 No. 2, November 2019
  8. Istiqlal, Abdul. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. Vol. 3. No. 2.
  9. Keke T. Aritonang. 2008. Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 10
  10. Kerlinger. 2006. Asas-asas Penelitian Behavioral Ediisi Ketiga. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.
  11. Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.
  12. Kusuma, Jaka Wijaya, Hamidah. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform wahtsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5. No. 1
  13. Lailita Nurfi Kurniawati. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. Jurnal Tindakan Kelas. Vol.2. No. 1
  14. Luh Devi Herlindry. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendididkan, Vol.22, No. 1.
  15. Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37. No. 1
  16. Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Musykat. Vol. 03. No. 01.
  17. Prayitno. 2013. Dasar Teori dan Praktisis Pendidikan. Yogyakarta: Grasindo.
  18. Rike Andriani, Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vo. 4. No. 1
  19. Rismayani Armin dan Waode Hensi Purwati. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II Di SD Negeri 75 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika.
  20. Rusyan, Tabrani. 2006. Kunci Sukses belaja. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.
  21. Sulihin B. Sjukur. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2 No. 3.
  22. Sumiharsono, Rudy. 2018. Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.
  23. Vivi Fitria Dewi, dkk. 2020. Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2. No. 2
  24. Widayanti, L. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia.