Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, menganalisis peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji z dan uji n-gain. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) berpikir kritis siswa aspek pengetahuan setelah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO lebih baik dibandingakan sebelum diberi perlakuan. Hal ini terlihat dari nilai Zhitung -4,16 < -Ztabel -1,96. (2) penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dapat meningkatkan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai gain aspek pengetahuan dengan nilai 0,3673 kategori sedang dan nilai gain aspek keterampilan dengan nilai 0,5186 kategori sedang.

Keywords

Critical Thinking, SAVI, KAPINDO.

Article Details

How to Cite
lina rosidah, lina rosidah, Savitri Wanabuliandari, & Sekar Dwi Ardianti. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media KAPINDO Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 6 Kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 50-64. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14412

References

  1. Ardianti, Sekar Dwi., Christijanti, Wulan & Dewi, Pramesti. 2012. Peran Media Animasi dengan Metode Pembelajaran Time Token Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Biology Education, 1 (1), 74-78.
  2. Ardianti, Sekar Dwi., Ulya, Himmatul & Ismaya, Erik Aditia. 2018. Pakem dalam Kurikulum 2013. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
  3. Ardianti, Sekar Dwi., Wanabuliandari, Savitri & Rahardjo, Susilo. 2019. The Implementation Of E-JAS Science Edutainment To Improve Elementary School Student’s Conceptual Understanding. Unnes Science Education Journal, 8 (1), 1-6.
  4. Ardiyanti, Farida & Winarti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ISSN, 9 (2), 27-33.
  5. Azizah, Nur., Sujana, Atep & Isrok’atun. 2016. Penerapan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual pada Materi Sumber Energi Bunyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 491-500.
  6. Ennis, Robert H. 2015. The Nature of Critical Thinking Outlines of General Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois, 1-11.
  7. Fakhriyah, Fina., Wanabuliandari, Savitri & Ardianti, Sekar Dwi. 2016. Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas untuk Media Pembelajaran Inovatif bagi Guru di SDN 5 Bae Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1 (1), 48-55.
  8. Farhana., Oyon Haki Pranata & Hamdu, Ghullam. 2016. Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembagian Pecahan. PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya, 303-321.
  9. Faridha, Dyan., Yulianto, Bambang & Laksono, Kisyani. 2017. Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon dengan Model Omeake untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Siswa Kelas V SDN Sukoanyar 01 Malang. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3 (2), 424-428.
  10. Fitriyani., Suwatra & Kusmariyatni. 2015. Pengaruh Model SAVI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1), 1-12.
  11. Iskandar, Dadang., Hamdani, Acep Roni & Suhartini, Teti. 2016. Implemetation Of Model SAVI (Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectual) To Increase Critical Thinking Ability In Class IV Of Social Science Learning On Social Issues In The Local Environment. Journal of Education Teaching and Learning, 1 (1), 45-50.
  12. Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Kaifa.
  13. Kusumawati, Naniek. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dengan Model Pembelajaran SAVI pada Mata Pelajaran IPA di SDN Mangkujayan 1 Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3 (2), 217-224.
  14. Kusumawati, Sri Wahyuni & Gunansyah, Ganes. 2013. Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Katerampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. JPGSD, 1 (2), 1-10.
  15. Lestari, Eka Karunia & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
  16. Rohmah, Sri Ainur., Fakhriyah, Fina & Ardianti, Sekar Dwi. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model CTL Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2 (2), 185-191.
  17. Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
  18. Undang-Undang Republik Nomor 20 Tahun 2003. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden republik Indonesia.
  19. Sutarna, Nana. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPPD, 5 (2), 119-126.
  20. Wanabuliandari, Savitri., Fakhriyah, Fina & Ardianti, Sekar Dwi. 2020. Pengabdian PTK untuk Guru di SD 1 Tumpang Krasak dengan Teknik Participant Active Learning. Jurnal Pengabdian Pada Mayarakat, 2 (2), 209-214.
  21. Wanabuliandari, Savitri & Ristiyani. 2019. Program Hypnomathematics melalui Kata-kata Positif untuk Guru SD 2 Bae Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Mayarakat, 4 (3), 249-254.
  22. Wati, Ni Putu Dita Wisna., Darsana, I Wayan & Suardika, I Wayan Rinda. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1), 1-10.
  23. Yohani, Desi Fatwani., Rakhmat, Cece & Mulyana, Edi Hendri. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, 113-120.