Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji kevalidan media smart exploding box berbasis deep dialogue critical thinking beserta perangkatnya (silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar PKn berbasis deep dialogue critical thinking, dan tes hasil belajar (THB)); (2) Mengukur tingkat aktivitas siswa melalui penggunaan media tersebut; (3) Mengukur kemampuan berfikir kritis siswa setelah penggunaan media tersebut, dan (4) mengukur respon minat siswa setelah penggunaan media tersebut. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp (dalam Khabibah, 2006) yang terdiri dari: (1) Investigasi awal, (2) Desain, (3) Realisasi/konstruksi, (4) Pengujian, Evaluasi, dan Revisi, (5) Implementasi. Dari hasil dan pembahasan pada bagian di atas, disimpulkan bahwa, media dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini termasuk dalam kategori valid, dimana hasil kevalidan ahli media mendapatkan skor 25 (baik) dan ahli materi mendapatkan skor 24 (baik). Berdasarkan hasil uji coba pada pertemuan ke-1 dan ke-2 yang telah dilaksanakan pada penelitian ini ditemukan sebuah data baru bahwa penggunaan media ini pada mata pelajaran PKn pada kelas V SDN Ketajen I Sidoarjo menunjukkan bahwa hasil rerata persentase capaian aktivitas siswa satu kelas (7 aspek amatan selama 2 pertemuan) sangat tinggi, yaitu sejumlah 84%. Kemudian data hasil TKBK sebesar 81,15 (tuntas). Selain itu, media ini juga mendapatkan respon minat siswa yang baik, yaitu pada pertemuan terakhir (ke-2) mendapatkan skor attention (perhatian) sebesar 17,5 (sangat baik), convidence (keyakinan) sebesar 11,0 (baik), satisfaction (kepuasan) sebesar 7,0 (cukup), dan relevance (keterkaitan) sebesar 8 (cukup).
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Suoarman, A, 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Budiningsih. C. A. 2010. Pendekatan Deep Dialogue and Critical Thinking. Jakarta: Universitas Indonesia.
- Budi, S.2017. Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Di Era Distrubsi Budaya Dan Gadget. Jurnal Lentera Pendidikan: Volume II Tahun 2016.
- Mastiono. 2016. PKn di SD tantangan dan inovasi di era Multidimensi. Surakarta: Fairuz Media.
- Mulyasa. 2014. Kurikulum 13: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Sujana, N. 2005. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter Literasi di Sekolah. Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
- Norris and Ennis. 2007. Inovation Curriculum: Reading for Developing Quality Educational Programs. (Ninth Edition). Boston: Pearson.
- Khabibah. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
- Muhammad, R. 2012. Kurikulum Berkarakter Berbasis Critical Thinking. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
- Suhardan, D. 2009. Manejemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sutama.