Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang gambaran motivasi belajar siswa kelas III SD dan ada tidaknya pengaruh dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian sebanyak 100 siswa kelas III dari SDN 1, 2 dan 3 Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesisnya menggunakan Uji Krusal-Wallis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa kelas III di SDN 1, 2 dan 3 Mojoroto Kota Kediri termasuk dalam kategori sedang karena sebagian besar siswa, yaitu 40% atau 40 siswa, memiliki motivasi belajar kategori sedang, 2) Dukungan teman sebaya berpengaruh siginifikan terhadap motivasi belajar siswa (probabilitas (sig) < 0,05). Teman sebaya adalah orang lain di luar anggota keluarga yang sering bertemu sehingga timbul keakraban. Usia mereka relatif sejajar dan mempunyai ide yang sama sehingga merupakan lingkungan kelompok yang cocok untuk bersosialisasi. Dalam proses pendidikan dan pembelajaran, anak akan memiliki motivasi dan prestasi yang tinggi jika merasa dihargai dan dihormati teman-teman sebayanya.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Ames, C. 1992. Classroom: Goals, Structures, and Student Motivation. Journal of Education Psychology, 84 (3): 261-271.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Cohen, S. & S.I. Syne. 2005. Social Support and Health. London: Academic Press Inc.
- Hurlock, Elizabeth B. 1999. Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
- Irham, Muhamad & Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan. Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
- Irwanto. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia.
- Laursen, E.K. 2005. Rather Than Fixing Kids – Build Positive Peer Cultures. Reclaiming Children and Youth. ProQuest Education Journals, 12 (3): 137-142.
- Middleton, James A. & Photini A. Spanias. 1999. Motivation for Achievement in Mathematics: Findings, Generalizations, and Criticisms of The Research. Journal for Research in Mathematics Education, 30 (1): 65-88.
- Santrock. 2007. Remaja, Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
- Singarimbun, Masri & Sofyan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi. Jakarta: Pustaka LP3ES.
- Skinner, E.A. & M.J. Belmont. 1993. Motivation in Classroom: Reciprocal Effects of Teacher Behavior and Student Engagement Across The School Year, Journal of Educational Psychology, 85 (4): 571-581.
- Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..
- Tjundjing, Sia. 2001. Hubungan antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi. Studi pada Siswa SMU. Jurnal Anima, 17 (1)