Pengaruh Reward terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV di SDN 1 Karangan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah “Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV di SD Negeri 1 Karangan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini pada kelas IV. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil output uji MANOVA menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root yaitu 0,00. Hasil uji MANOVA lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga keputusannya H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah “Pemberian reward berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV di SDN 1 Karangan”
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
-
A.M., Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Erina, R., & Kuswanto, H. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN InSTAD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA DI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202–212. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7507
Mabruri, R. A. (2016). Pengaruh Reward terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SS Muhammadiyah Piyaman The Influence of Rewards towad The Learning Motivation of Science Study of Fourth Grade Students in SD Muhammadiyah Piyaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 05(32), 3064–3072. https://doi.org/10.1093/jac/dkm008
Sujiantar, Ni Kadek. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 07 (2), 1-10.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning TEORI DAN APLIKASI PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Uno, H. B. (2017). TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wulandari, I. S., & Hidayat, T. (2014). PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI ( Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02 (03), 599–604. https://doi.org/10.1504/IJDMMM.2011.041808