Analisis Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat


Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pencapaian komunikasi matematis siswa dengan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan subjek 30 siswa SMP N 2 Ngamprah kelas VII. Instrumen berupa 4 soal tes uraian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase indikator kemampuan menghubungkan benda nyata dan gambar ke dalam bentuk ide matematika adalah 41,67 %, menyusun konjektur, menyusun argumen, dan generalisasi persentase kemampuannya sebesar 49,17 %, menjelaskan ide, situasi matematika secara tertulis dengan menggunakan gambar yaitu mencapai 57,78 %, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, persentase kemampuannya adalah 24,67 %.
References
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45.
Kurnia, A. (2017). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching. STKIP SILIWANGI BANDUNG.
Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai Dengan Gaya Kognitif Dan Gender. Al-Jabar, 6(2), 40–52.
Senjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39.
Copyright (c) 2018 Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.