Implementasi Ecoprint untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Kepedulian Lingkungan pada Siswa Kelas 6 SDN Satak 2

Authors

  • Fitri Amelia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfina Ika Rahmasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rama Puji Nugroho Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Adzam Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27891

Keywords:

Ecoprint, Kreativitas, Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas serta meningkatkan kepedulian lingkungan pada siswa kelas 6 SDN Satak 2 melalui pelatihan ecoprint. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan praktik langsung yang mencakup sosialisasi konsep ecoprint, pengumpulan daun di lingkungan sekolah, serta proses pencetakan motif pada totebag menggunakan teknik pounding. Seluruh siswa menunjukkan partisipasi yang aktif dan antusias selama kegiatan berlangsung. Hasil karya siswa memperlihatkan motif ecoprint dengan kualitas yang baik, di mana ketajaman motif dipengaruhi oleh jenis daun yang digunakan, terutama kandungan air pada daun. Program ini terbukti efektif dalam mengembangkan kreativitas visual siswa sekaligus menumbuhkan kesadaran mereka terhadap pentingnya pemanfaatan bahan alami dan perilaku ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 1 , PDF downloads: 1

References

Apriyanti, E., Mukminati, S., & Susanti, T. (2024). Penerapan Ecoprint dengan Teknik Pounding Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa dan Kepedulian Lingkungan. Larisa Pengabdian Multidisiplin, 2(2), 06-11.

Handayani, D., & Minsih, M. (2023). Efforts to foster student creativity in elementary schools through environmental education. Inovasi Kurikulum, 21(2).

Manshur, M. I., Nuraisyah, F., Nurudin, A., & Badawi, B. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Totebag Sebagai Pengembangan Kreativitas Bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdisci, 1(1), 26-31.

Minarti, K., Santi, N. N., & Hunaifi, A. A. (2025). Optimalisasi Peran Guru dalam Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Seni Budaya: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 4(1), 4272-4277.

Mirbah, K., Makhmudah, L., Nirmala, Y., Rachmawati, Y., Niamah, Z. A., Maulida, Z., ... & Faizah, F. N. (2025). Pelatihan Ecoprint Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kreativitas dan Seni Ramah Lingkungan di SD Jamus. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 4(3), 248-254.

Munandar, U. (2020). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pramesti, R. Y., Zunaidah, F. N., & Sulistiyowati, T. I. (2025, July). Efektivitas Media Nearpod Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas V SD Negeri Karangtengah 3. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 8, pp. 1433-1440).

Rahmawati, F. (2020). Pendidikan lingkungan hidup di sekolah dasar: Upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 112–120.

Widiastuti, A., & Sari, P. A. (2020). Ecoprint sebagai media pembelajaran seni berbasis lingkungan. Jurnal Seni dan Pendidikan, 5(1), 45–53.

Zunaidah, F. N. (2021). Pembelajaran berbasis lingkungan dalam menumbuhkan kreativitas dan kepedulian siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 101–110.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Implementasi Ecoprint untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Kepedulian Lingkungan pada Siswa Kelas 6 SDN Satak 2. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 337-346. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27891

Similar Articles

11-20 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)