Pendampingan Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Kelas 4 Menggunakan Model Permainan Mre (Memorize Recal Examine) Di SDN  Gedangsewu 1

Authors

  • Indah Fitri Nur Aini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Reni Fitria Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Riska Nur Fitriana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Surya Ida Julianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rina Silfi Ana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfi Laila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Widi Wulansari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27685

Keywords:

Literasi dan Numerasi, Perkalian, Pembelajaran Berbasis Permainan, Model MRE

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V SDN Gedangsewu 1 melalui penerapan model permainan Memorize–Recall–Examine (MRE). Model MRE membantu siswa mengingat konsep dasar perkalian, mengulangnya melalui permainan yang menyenangkan, serta memeriksa jawaban melalui pemeriksaan mandiri maupun teman sebaya. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pre-test dan post-test, serta wawancara dengan guru kelas. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian, terutama dalam menghubungkan penjumlahan berulang dengan perkalian dan menyelesaikan soal kontekstual. Siswa tampil lebih aktif, percaya diri, dan antusias selama pembelajaran. Guru juga menyatakan bahwa model MRE mudah diterapkan dan mampu mengurangi kejenuhan belajar. Dengan demikian, model permainan MRE efektif digunakan untuk meningkatkan literasi numerasi dan dapat menjadi alternatif pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 0 , PDF downloads: 0

References

Arahmah, F., Banindra, C., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. 2015, 209–218.

Laila, A., Afandi, S., Hanafi, M., & Yasin, M. (2025). Dwija Cendekia : Jurnal Riset Pedagogik. 9(1), 69–78. https://doi.org/10.20961/jdc.v9i1.99900

Muspita, Z., & Ningsih, L. P. (2024). Peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual berbasis permainan edukatif. 2(2), 66–77.

Saida, A., Santi, N. N., Sahari, S., Aka, K. A., Hunaifi, A. A., Zaman, W. I., Hunaifi, A., & Zaman, W. I. (2024). Efektivitas Program Campus on Duty ( CoD ) dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Received : Revised : Accepted : Available online : pemerintah untuk mengatasi kesenjangan pendidikan tersebut . Program ini. 02, 58–68.

Wulansari, W., & Dwiyanti, L. (2021). Building Mathematical Concepts Through Traditional Games to Develop Counting Skills for Early Childhood. 5(4), 574–583

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Pendampingan Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Kelas 4 Menggunakan Model Permainan Mre (Memorize Recal Examine) Di SDN  Gedangsewu 1. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 325-336. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27685

Most read articles by the same author(s)