Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah (Jurnal) dalam Rangka Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Guru-Guru IPA di Kabupaten Bengkulu Tengah
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i1.17978Keywords:
Articles, Journals, Continuing Professional Development, Science TeachersAbstract
The Continuing Professional Development Program (CPD) aims to develop teacher professionalism. CPD is carried out in accordance with the needs of teachers to achieve professional competency standards and/or increase their competence above their professional competency standards which at the same time has implications for the acquisition of credit points for promotions/functional positions of teachers. One of the things that is part of the PKB is scientific publications. Currently, teachers are still having difficulty writing scientific research articles that meet the requirements of scientific publication in a scientific journal. The results of a survey of science teachers in Bengkulu Tengah Regency, only 18.75% of teachers have ever submitted scientific articles to a scientific journal. Based on these results, a service was carried out which aimed to (1) increase the knowledge of science teachers in Central Bengkulu Regency about writing scientific articles in journals and (2) increase the motivation of science teachers in Central Bengkulu Regency to write scientific articles in journals.
Downloads
References
Azmi, S. (2011). MENUMBUHKAN PROFESIONALISME GURU. LIKHITAPRAJNA, 15(1), 1–13.
Fatkuroji. (2016). REVITALISASI SUMBERDAYA MANUSIA MELALUI PENGEMBANGAN PROFESI BERKELANJUTAN DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN GROBOGAN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 13–26.
Lince, R. (2016). STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA DIGITAL. November, 164–179.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, 1 (2009).
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN, 1 (2005).
Rusdarti, Slamet, A., & Sucihatiningsih. (2018). PEMBUATAN PUBLIKASI ILMIAH MELALUI WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU SMA KOTA SEMARANG. Rekayasa, 16(2), 271–280.
Suganda, T. (2014). Prinsip dan Teknik Menulis Artikel Ilmiah dari Laporan Penelitian, Skripsi, Tesis, dan Disertasi.
Yusuf, A. R., & Mukhadis, A. (2018). MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU SESUAI TUNTUTAN REVITALISASI PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(2), 130–139.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0