Pendampingan Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Kelas 4 Menggunakan Model Permainan Mre (Memorize Recal Examine) Di SDN Gedangsewu 1
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27685Keywords:
Literasi dan Numerasi, Perkalian, Pembelajaran Berbasis Permainan, Model MREAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V SDN Gedangsewu 1 melalui penerapan model permainan Memorize–Recall–Examine (MRE). Model MRE membantu siswa mengingat konsep dasar perkalian, mengulangnya melalui permainan yang menyenangkan, serta memeriksa jawaban melalui pemeriksaan mandiri maupun teman sebaya. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pre-test dan post-test, serta wawancara dengan guru kelas. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian, terutama dalam menghubungkan penjumlahan berulang dengan perkalian dan menyelesaikan soal kontekstual. Siswa tampil lebih aktif, percaya diri, dan antusias selama pembelajaran. Guru juga menyatakan bahwa model MRE mudah diterapkan dan mampu mengurangi kejenuhan belajar. Dengan demikian, model permainan MRE efektif digunakan untuk meningkatkan literasi numerasi dan dapat menjadi alternatif pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Downloads
References
Arahmah, F., Banindra, C., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. 2015, 209–218.
Laila, A., Afandi, S., Hanafi, M., & Yasin, M. (2025). Dwija Cendekia : Jurnal Riset Pedagogik. 9(1), 69–78. https://doi.org/10.20961/jdc.v9i1.99900
Muspita, Z., & Ningsih, L. P. (2024). Peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual berbasis permainan edukatif. 2(2), 66–77.
Saida, A., Santi, N. N., Sahari, S., Aka, K. A., Hunaifi, A. A., Zaman, W. I., Hunaifi, A., & Zaman, W. I. (2024). Efektivitas Program Campus on Duty ( CoD ) dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Received : Revised : Accepted : Available online : pemerintah untuk mengatasi kesenjangan pendidikan tersebut . Program ini. 02, 58–68.
Wulansari, W., & Dwiyanti, L. (2021). Building Mathematical Concepts Through Traditional Games to Develop Counting Skills for Early Childhood. 5(4), 574–583
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indah Fitri Nur Aini, Reni Fitria, Riska Nur Fitriana, Surya Ida Julianti, Rina Silfi Ana, Alfi Laila, Widi Wulansari, Sutrisno Sahari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

