Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Memanfaatkan Artificial Intelligence Untuk Guru SDN Gading Kulon 2

Authors

  • Bahrul Ulum universitas muhammadiyah malang
  • Bustanol Arifin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24308

Keywords:

modul ajar, artificial intelegence, kurikulum merdeka

Abstract

Masalah utama yang dihadapi oleh SDN Gading Kulon 2 adalah kesenjangan antara persyaratan kurikulum baru dan kemampuan saat ini dari para guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran dan materi ajar yang diperlukan. Dalam upaya mengatasi kesenjangan itulah perlu adanya pendampingan dalam penyusunan modul ajar yang lebih efektif dan efisien sehingga tuntutan dalam penerapan kurikulum merdeka pada di semua kelas SDN Gading kulon 2 dapat segera dilaksanakan. Pendampingan penyusuan modul ajar tersebut perlu adanya keterlibatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk membantu dalam pengembangan modul ajar. Metode pelaksanaan pendampingan penyusunan modul ajar memanfaatkan artificial intelligence berupa pendampingan dan refleksi serta evaluasi kegiatan pengabdian. Dalam pelaksanaannya, pendampingan penyusunan Pendampingan penyusuan modul ajar memanfaatkan AI berjalan dengan lancar meskipun masih ada keterbatasan pelaksanaan seperti waktu adaptasi dan perangkat yang dimilki guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, E. P., Ayuni, N. A., & Putri, A. M. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(10), 31–40.

Choi, J.-I., Yang, E., & Goo, E.-H. (2024). The effects of an ethics education program on artificial intelligence among middle school students: Analysis of perception and attitude changes. Applied Sciences, 14(4), 1588.

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.

Kuncara, T., Bachtiar, A., Alamsyah, A., Wulan, D., Shinta, R. R., Nugraha, A. H., Pratama, A., Fitriyatun, R., Dwiparaswati, W., & Anggraeni, D. T. (2023). PENGGUNAAN ARTIFICIAL IN℡LIGENCE DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 40–44.

Latjompoh, M., Mustaqimah, N., & Datau, W. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KREATIF DAN INOVATIF BERBASIS STUDI KASUS MENGGUNAKAN CANVA BAGI GURU SMP. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3856

Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97.

Rosa, S. L., Yulianti, A., Sapitri, & Putri, R. A. (2023). PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU: PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(2), 29–36. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14828

Ulum, B., Amelia, D. J., & Setiono, P. (2024). Gedsi integration in UMM PGSD student learning tools. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.29407/jpdn.v9i2.21847

Ulum, B., Fantiro, F. A., & Rifa’i, M. N. (2019). Pemanfaatan Google Apps di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 22–31. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.843

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-30

How to Cite

Ulum, B., & Arifin, B. (2024). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Memanfaatkan Artificial Intelligence Untuk Guru SDN Gading Kulon 2. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 4(2), 83–90. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24308

Issue

Section

Articles