Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Memanfaatkan Artificial Intelligence Untuk Guru SDN Gading Kulon 2
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24308Keywords:
modul ajar, artificial intelegence, kurikulum merdekaAbstract
Masalah utama yang dihadapi oleh SDN Gading Kulon 2 adalah kesenjangan antara persyaratan kurikulum baru dan kemampuan saat ini dari para guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran dan materi ajar yang diperlukan. Dalam upaya mengatasi kesenjangan itulah perlu adanya pendampingan dalam penyusunan modul ajar yang lebih efektif dan efisien sehingga tuntutan dalam penerapan kurikulum merdeka pada di semua kelas SDN Gading kulon 2 dapat segera dilaksanakan. Pendampingan penyusuan modul ajar tersebut perlu adanya keterlibatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk membantu dalam pengembangan modul ajar. Metode pelaksanaan pendampingan penyusunan modul ajar memanfaatkan artificial intelligence berupa pendampingan dan refleksi serta evaluasi kegiatan pengabdian. Dalam pelaksanaannya, pendampingan penyusunan Pendampingan penyusuan modul ajar memanfaatkan AI berjalan dengan lancar meskipun masih ada keterbatasan pelaksanaan seperti waktu adaptasi dan perangkat yang dimilki guru.
Downloads
References
Astutik, E. P., Ayuni, N. A., & Putri, A. M. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(10), 31–40.
Choi, J.-I., Yang, E., & Goo, E.-H. (2024). The effects of an ethics education program on artificial intelligence among middle school students: Analysis of perception and attitude changes. Applied Sciences, 14(4), 1588.
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.
Kuncara, T., Bachtiar, A., Alamsyah, A., Wulan, D., Shinta, R. R., Nugraha, A. H., Pratama, A., Fitriyatun, R., Dwiparaswati, W., & Anggraeni, D. T. (2023). PENGGUNAAN ARTIFICIAL IN℡LIGENCE DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 40–44.
Latjompoh, M., Mustaqimah, N., & Datau, W. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KREATIF DAN INOVATIF BERBASIS STUDI KASUS MENGGUNAKAN CANVA BAGI GURU SMP. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3856
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97.
Rosa, S. L., Yulianti, A., Sapitri, & Putri, R. A. (2023). PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU: PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(2), 29–36. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14828
Ulum, B., Amelia, D. J., & Setiono, P. (2024). Gedsi integration in UMM PGSD student learning tools. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.29407/jpdn.v9i2.21847
Ulum, B., Fantiro, F. A., & Rifa’i, M. N. (2019). Pemanfaatan Google Apps di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 22–31. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.843
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0