Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Negeri 1 Kediri Pada Materi Ekosistem

  • Risma Ayu Nur Rahma Risma Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstrak views: 298 , PDF (English) downloads: 453
Kata Kunci: Kata Kunci: Keterampilan abad 21, pemecahan masalah, asesmen

Abstrak

Keterampilan untuk memecahkan suatu permasalahan adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik di abad 21. Masalah penelitian yaitu belum banyak digunakan asesmen yang dapat mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik terutama pada meteri yang dianggap sulit oleh peserta didik yaitu ekosistem. Asesmen yang sesuai dapat berguna dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang valid dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah modifikasi research and development (R & D) model Plomp. Penelitian ini terbatas pada pengujian kelayakan instrumen yang dikembangkan. Hasil dari pengembangan produk menunjukan rata-rata uji validitas oleh validator   asesmen sebesar 93,75% dengan kategori valid, ahli materi 89% kategori valid, ahli bahasa sebesar 81,25% dengan kategori valid, praktisi sebesar 84,5% dengan kategori valid dan 14 butir soal dinyatakan valid berdasarkan perhitungan pearson product moment serta memiliki reliabilitas 0.896 dengan kategori reliabilitas yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa instrument keterampilan pemecahan masalah yang dikembangkan indikatornya telah memenuhi syarat dan layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran untuk peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas.

 

Referensi

Angriani, A. D., & Fuadah, N. (2018). Development Of Test Instruments To Measure Students ’ Mathematical Problem Solving Abilities penelitian . Bobot atau mutu penelitian kerapkali dinilai dari kualitas instrumen yang melakukan pengukuran . Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau. 5(2), 211–223.

Anugrah, D., Sofyan, D. A., & Murwitaningsih, S. (2020). JPBIO ( Jurnal Pendidikan Biologi ). 5(1), 73–79.https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.6 01

Anista, W., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian Uji Hayati Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Mahapeserta Didik Program Studi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.682 8

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Peserta didik pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Brown, B. (2015). Twenty First Century Skills: A Bermuda College Perspective. Voices In Education: Journal of Bermuda College, 1, 58-64.

Cartono, M., Ibrahim, Y., Tresnawati, C., & Nurdiani, N. (2015).Pengembangan Model Asessment Autentik Guna Menilai Keterampilan Pemecahan Masalah Dalam Kegiatan Praktik Lapangan Calon Gurubiologi. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20 i1.567

Chu, Samuel Kai Wah. (2016). 21st Century Skills Development Through Inquiry- Based Learning: From Theory To Practice. Springer Scienc. DOI: 10.1007/978-981-10- 2481-8

Djamal Irwan, Z. (2016). Prinsip-Prinsip Ekologi Dan Organisasi Ekosistem, Komunitas, Dan Lingkungan. J. Budidaya Pertanian.

Lestari, Putri Eka, Andik Purwanto, and Indra Sakti. (2019). “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Konsep Usaha Dan Energi Di Sma.” 2(3): 161–68.

Luthfi, I. A., Muharomah, D. R., Ristanto,R. H., Studi, P., Pendidikan, M., Jakarta, U. N., Gadung, P., & Timur,J. (n.d.). Pengembangan tes keterampilan pemecahan masalah pada isu pencemaran lingkungan. 0417(2).

Nitko, A.J. & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of students. Xth edition. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs. Pendidikan, P., Jurusan, B., Mipa, P., & Tarbiyah, F. (2020). Dengan Model Pembelajaran Problem Solving. 0417(1), 17–26.

Rahma, I., & Hendirana W. (2020). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta didik Sekolah Menengah Atas Pada Materi Ekosistem ( Profile of Problem Solving Capabilities of High School Students in Ecosystem Materials ). 6, 281–289.

Rahmawati, D., Sajidan., & Ashadi, A. (2018). Analysis of problem solving skill in learning biology at senior high school of Surakarta. International Conference on Science Education. Doi :10.1088/1742 6596/1006/1/012014

Ratumanan, T. ., & Laurens, T. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press

Septiani, R. A. T., Suhendar, S., & Ramdhan, B. (2020). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sma Di Kota Sukabumi. Jurnal Biotek. https://doi.org/10.24252/jb.v8i1.133 74

Setiawan, W., Syamsudduha, S., & Nursalam. (2019). Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis Keterampilan Proses Sains Praktikum Biologi Kelas XI MAN Binamu Kabupaten Jeneponto. Al- Ahya.

Sinaga, N. A., & Email, K. P. (2016). Pengembangan Tes Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Peserta didik SMP Kelas VIII Development of Problem Solving Ability and Mathematical Reasoning Test of Junior High School Students Class VIII. 11, 169–181.

Woods, D. R., Hrymak, A. N., Marshall, R. R., Wood, P. E., Crowe, C. M.,Hoffman, T. W., Wright, J. D., Taylor, P. A., Woodhouse, K. A., & Bouchard, C. G. K. (1997). Developing problem solving skills: The McMaster problem solving program. Journal of Engineering Education. https://doi.org/10.1002/j.2168- 9830.1997.tb00270.x

Zubaidah, Siti. (2018). Keterampilan abad ke-21: bagaimana membelajarkan dan mengasesnya. Seminar Nasional dengan Tema “Tantangan Biologi dan Pendidikan Biologi Abad-21” di Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau. https://www.researchgate.net/public atio n/325809307

PlumX Metrics

Diterbitkan
2021-10-28
How to Cite
Risma, R. A. N. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Negeri 1 Kediri Pada Materi Ekosistem. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 64-71. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16924
Bagian
Artikel