Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Negeri 1 Kediri Pada Materi Ekosistem
Abstrak
Keterampilan untuk memecahkan suatu permasalahan adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik di abad 21. Masalah penelitian yaitu belum banyak digunakan asesmen yang dapat mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik terutama pada meteri yang dianggap sulit oleh peserta didik yaitu ekosistem. Asesmen yang sesuai dapat berguna dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang valid dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah modifikasi research and development (R & D) model Plomp. Penelitian ini terbatas pada pengujian kelayakan instrumen yang dikembangkan. Hasil dari pengembangan produk menunjukan rata-rata uji validitas oleh validator asesmen sebesar 93,75% dengan kategori valid, ahli materi 89% kategori valid, ahli bahasa sebesar 81,25% dengan kategori valid, praktisi sebesar 84,5% dengan kategori valid dan 14 butir soal dinyatakan valid berdasarkan perhitungan pearson product moment serta memiliki reliabilitas 0.896 dengan kategori reliabilitas yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa instrument keterampilan pemecahan masalah yang dikembangkan indikatornya telah memenuhi syarat dan layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran untuk peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas.
Referensi
Angriani, A. D., & Fuadah, N. (2018). Development Of Test Instruments To Measure Students ’ Mathematical Problem Solving Abilities penelitian . Bobot atau mutu penelitian kerapkali dinilai dari kualitas instrumen yang melakukan pengukuran . Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau. 5(2), 211–223.
Anugrah, D., Sofyan, D. A., & Murwitaningsih, S. (2020). JPBIO ( Jurnal Pendidikan Biologi ). 5(1), 73–79.https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.6 01
Anista, W., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian Uji Hayati Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Mahapeserta Didik Program Studi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.682 8
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Peserta didik pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2).
Brown, B. (2015). Twenty First Century Skills: A Bermuda College Perspective. Voices In Education: Journal of Bermuda College, 1, 58-64.
Cartono, M., Ibrahim, Y., Tresnawati, C., & Nurdiani, N. (2015).Pengembangan Model Asessment Autentik Guna Menilai Keterampilan Pemecahan Masalah Dalam Kegiatan Praktik Lapangan Calon Gurubiologi. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20 i1.567
Chu, Samuel Kai Wah. (2016). 21st Century Skills Development Through Inquiry- Based Learning: From Theory To Practice. Springer Scienc. DOI: 10.1007/978-981-10- 2481-8
Djamal Irwan, Z. (2016). Prinsip-Prinsip Ekologi Dan Organisasi Ekosistem, Komunitas, Dan Lingkungan. J. Budidaya Pertanian.
Lestari, Putri Eka, Andik Purwanto, and Indra Sakti. (2019). “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Konsep Usaha Dan Energi Di Sma.” 2(3): 161–68.
Luthfi, I. A., Muharomah, D. R., Ristanto,R. H., Studi, P., Pendidikan, M., Jakarta, U. N., Gadung, P., & Timur,J. (n.d.). Pengembangan tes keterampilan pemecahan masalah pada isu pencemaran lingkungan. 0417(2).
Nitko, A.J. & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of students. Xth edition. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs. Pendidikan, P., Jurusan, B., Mipa, P., & Tarbiyah, F. (2020). Dengan Model Pembelajaran Problem Solving. 0417(1), 17–26.
Rahma, I., & Hendirana W. (2020). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta didik Sekolah Menengah Atas Pada Materi Ekosistem ( Profile of Problem Solving Capabilities of High School Students in Ecosystem Materials ). 6, 281–289.
Rahmawati, D., Sajidan., & Ashadi, A. (2018). Analysis of problem solving skill in learning biology at senior high school of Surakarta. International Conference on Science Education. Doi :10.1088/1742 6596/1006/1/012014
Ratumanan, T. ., & Laurens, T. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press
Septiani, R. A. T., Suhendar, S., & Ramdhan, B. (2020). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sma Di Kota Sukabumi. Jurnal Biotek. https://doi.org/10.24252/jb.v8i1.133 74
Setiawan, W., Syamsudduha, S., & Nursalam. (2019). Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis Keterampilan Proses Sains Praktikum Biologi Kelas XI MAN Binamu Kabupaten Jeneponto. Al- Ahya.
Sinaga, N. A., & Email, K. P. (2016). Pengembangan Tes Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Peserta didik SMP Kelas VIII Development of Problem Solving Ability and Mathematical Reasoning Test of Junior High School Students Class VIII. 11, 169–181.
Woods, D. R., Hrymak, A. N., Marshall, R. R., Wood, P. E., Crowe, C. M.,Hoffman, T. W., Wright, J. D., Taylor, P. A., Woodhouse, K. A., & Bouchard, C. G. K. (1997). Developing problem solving skills: The McMaster problem solving program. Journal of Engineering Education. https://doi.org/10.1002/j.2168- 9830.1997.tb00270.x
Zubaidah, Siti. (2018). Keterampilan abad ke-21: bagaimana membelajarkan dan mengasesnya. Seminar Nasional dengan Tema “Tantangan Biologi dan Pendidikan Biologi Abad-21” di Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau. https://www.researchgate.net/public atio n/325809307
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License