E-Learning dalam Pembuatan Miniatur Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Proses Mahasiswa melalui Discovery Learning
Abstract
References
W. Hartanto. Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran, J. Pendidik. Ekon., Vol. 10, No. 1, Pp. 1–18, 2016, [Online]. Available: Https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Jpe/Article/View/3438.
Q. A. Besila And A. W. Kusumadewi, Penerapan Konsep Ekologis Untuk Pendidikan Lingkungan Pada ‘ Taman Pintar ’ Di Kelurahan Kayu Putih , Jakarta Timur, Proceeding Biology Education Conference, Vol. 15, Pp. 775–782, 2016, [Online]. Available: Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Prosbi/Article/View/33346.
Crysty And B. Manurung, “Pengembangan Kegiatan Mini-Lab Pada Topik Ekologi Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X Sma,” Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 3, Pp. 376–380, 2017, [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.24114/Jpb.V6i3.8045.
Tri Wahyu Setyaningrum, Enni Suwarni Rahayu, And N. Setiati, “Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Miniatur Ekosistem Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Ekologi Pada Siswa Sma,” Unnes J. Biol. Educ., Vol. 4, No. 3, Pp. 290–297, 2015, [Online]. Available: Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujbe%0apembelajaran.
E. Susilawati And S. R. Rahayuningsih, Margareta, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekologi Sma Dengan Strategi Outdoor Learning,” Usej - Unnes Sci. Educ. J., Vol. 5, No. 1, Pp. 1091–1097, 2016, Doi: 10.15294/Usej.V5i1.9568.
N. A. Ariyanti. 2010. Makalah Cara Pembuatan Terarium Untuk Pembelajaran Ipa Sd. Yogyakarta: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta
F. N. Sholihah, A. Wulandari, And U. K. N. Qomariyah, “Kreativitas Guru Tkit Al Mishbah Dalam Pengembangan Model Pembelajaran Lab Mini Melalui Terrarium Ekosistem,” J. Abdimas Bsi J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 2, No. 2, Pp. 366–373, 2019, Doi: 10.31294/Jabdimas.V2i2.6116.
Juhji, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa,” Vol. 2, No. 1, Pp. 58–70, 2016, [Online]. Available: Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Jppi/Article/View/419/583.
Hikmawati, “Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa Di Kelas V Sdn 51 Lambari,” J. Publ., Vol. 2, No. 1, Pp. 44–53, 2012, [Online]. Available: Https://Www.Google.Com/Url?Sa=T&Source=Web&Rct=J&Url=Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Pubpend/Article/View/1584&Ved=2ahukewj-Oy3p-Mbnahxbq30khwngdhqqfjaaegqibrac&Usg=Aovvaw0gmfjwdnuqo71vxylfcfnj.
F. Syarofah, I. Wiryokusumo, And Sugito, “Penerapan Metode Discovery Learning Dan Ekspositori Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pkn Siswa,” Vol. 7, No. 2, Pp. 222–226, 2019, [Online]. Available: Http://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Ed/Article/View/938.
D. Wahyuni, “Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Vb Sd Negeri 004 Bukit Datuk Kota Dumai Tahun Pelajaran 2015/2016,” E-Jurnalmitrapendidikan, Vol. 1, Pp. 79–90, 2017, [Online]. Available: Http://Download.Garuda.Ristekdikti.Go.Id/Article.Php?Article=745187&Val=11748&Title=Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Vb Sd Negeri 004 Bukit Datuk Kota Dumai Tahun Pelajaran 20152016.
M. Kouriourouki, “Techniques For Oral Communication During Project Implementation Among Student- Teachers - Research,” Int. J. Educ. Res., Vol. 8, No., Pp. 63–74, 2020, Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.
N. Yuliana, “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., Vol. 18, No. 2, P. 56, 2019, Doi: 10.24036/Fip.100.V18i2.318.000-000.
E. Seda, N. Ain, And C. Sundaygara, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. (Teori Dan Prakt., Vol. 4, No. 1, P. 59, 2019, Doi: 10.26740/Jp.V4n1.P59-62.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Alfabet. Bandung: Cv Al Alfabet, 2010.
F. R. Basuki, J. Jufrida, W. Kurniawan, I. P. Devi, And O. Fitaloka, “Tes Keterampilan Proses Sains: Multiple Choice Format,” J. Pendidik. Sains, Vol. 7, No. 2, P. 101, 2019, Doi: 10.26714/Jps.7.2.2019.9-19.
U. F. Arifin, S. Hadisaputro, And E. Susilaningsih, “Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Siswa Terintegrasi Guided Inquiry Untuk Keterampilan Proses Sains,” Chem. Educ., Vol. 4, No. 1, Pp. 54–60, 2015, [Online]. Available: Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Chemined/Article/View/4714.
L. Mahmudah, “Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah,” Elem. Islam. Teach. J., Vol. 4, No. 1, 2017, Doi: 10.21043/Elementary.V4i1.2047.
W. Ambarsari And S. Santosa, “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbingterhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta,” J. Pendidik. Biol., Vol. 5, Pp. 81–95, 2013, Doi: 10.1016/S0065-2296(08)00803-3.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License