Implementasi Discovery Learning Dengan Praktikum Kingdom Plantae Untuk Melatih Keterampilan Proses Di MA Unggulan Kh. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang
Abstract
Kurikulum 2013 mengutamakan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus lebih aktif dalam mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Pengembangan kompetensi dapat meliputi sikap, pengetahuan maupun keterampilan peserta didik, salah satu keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan proses peserta didik. Keterampilan proses peserta didik di kelas X MIPA 2 pada pembelajaran biologi di MA Unggulan KH.Abd. Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang belum pernah dinilai. Penilaian dapat dilakukan melalui kinerja dalam kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discoveri learning melalui pembelajaran praktikum kingdom plantae terhadap keterampilan proses peserta didik di MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang. Metode penelitian jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimen Design dengan bentuk desain One-group pretest-posttest design. Pretest diberikan sebelum adanya perlakuan dan posttest diberikan setelah adanya perlakuan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang dengan jumlah 33 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket kinerja keterampilan proses peserta didik. Instrumen yang digunakan antara lain: panduan wawancara, perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar penilaian keterampilan proses peserta didik. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan rumus uji korelasi product moment. Hasil analisis uji korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,801 dan rtabel pada taraf signifikansi 5% α = 0,05 sebesar 0,345, maka diperoleh rhitung ˃ rtabel dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, data tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada implementasi model discovery learning dengan praktikum kingdom plantae terhadap keterampilan proses pesera didik di MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang.
Kata kunci—Discovery Learning, Praktikum, Keterampilan Proses.
References
Eka, W.S. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Childen Learning in Science (CLS) dalam Pembelajaran IPA Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Sains Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Jakarta: Universitas Pendidikan Indoneisa. (Online). http://repository.upi.edu/20083/ , diakses 5 Maret 2020.
Kurniawati, A. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Semester II MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 pada Pembelajaran Kimia dengan Model Learning Cycle 5E. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). https://eprints.uny.ac.id/30145/ , diakses 20 Desember 2019.
Hanafiah. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Cahyo. 2013. Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta: PT. Diva Press.
Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Meishanti, Y.P.O., dan Baroroh, I. 2019. Strategi Belajar Mengajar Berorientasi K-13. Jombang: Fakultas Pertanian Universitas KH.A. Wahab Hasbullah.
Wisudawati, W.A., Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Handayani, B.T., Arifuddin, M., dan Misbah. 2017. Meningkatkan Keterampilam Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Fisika. Vol 1, No 3, (Online). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jipf/article/view/1016 , diakses 26 Oktober 2020.
Rijal, C. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Asam dan Basa di Kelas XI MAN 2 Aceh Utara. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. (Online). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5396/1/Chairul%20Rijal.pdf , diakses 20 Desember 2019.
Fakinah, I. 2018. Penerapam Pembelajaran Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Sub Materi Enzim di Kelas XII MAS Darus Aitami Aceh Selatan. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. (Online). https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/4485/1/Indah%20Fakinah%20A.R.pdf , diakses 5 Januari 2020.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Anas, S. 2017. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Niza, I., Ma’arif, IB., Meishanti, OPY. Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Jurnal Eduscope (Online), Vol. 5, No. 02, http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/390 diakses 6 November 2020
Meishanti, OPY. 2019. Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Eduscope (Online), Vol. 4, No. 01, http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/380 diakses 6 November 2020
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License