Implikatur Percakapan pada Penagih Kredit Barang terhadap Nasabah di Kabupaten Kediri

Conversational Implicatures in Goods Credit Collectors towards Customers in Kediri Regency

  • Ervina Damayanti Universitas Islam Kadiri
Abstract views: 96 , pdf downloads: 114
Keywords: implikatur percakapan, nasabah, penagih kredit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implikatur pada percakapan antara penagih kredit barang terhadap nasabah di Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa tuturan dari percakapan antara penagih kredit barang (penjual barang) dengan pembeli barang secara kredit (nasabah) di beberapa desa yang ada di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan yaitu, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu, tahap pengumpulan data, tahap pengklasifikasian data, tahap analisis data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk implikatur, yaitu implikatur kalimat perintah, implikatur kalimat berita, dan implikatur kalimat bertanya. Terdapat dua implikatur pada berita, yaitu implikatur berita pemberitahuan, dan implikatur berita penolakan. Penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai dasar untuk mengungkapkan implikatur bahasa yang diucapkan oleh penutur kepada mitra penutur.

References

Astuti, Wiwiek Dwi. 2017. “Implikatur Percakapan dalam Gelar Wicara ‘Sentilan Sentilun’ Di Metro TV.” Kandai 13(2):311.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti, Dkk. 1985. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnia, Santi, Zainal Rafli, and Miftahulkhairah Anwar. 2019. “Implikatur Percakapan dalam Gelar Wicara Indonesia Lawak Klub.” Deiksis 11(03):257.

Markhamah, dkk. 2011. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran. IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 2.

Muqorobin, Ahmad and Annas Syams Rizal Fahmi. 2020. “Model Jual Beli Kredit (Angsuran) pada Lembaga Keuangan Islam Non-Bank (Studi Kasus di Lembaga Keuangan Islam Non-Bank Kota Ponorogo).” Al Tijarah 6(2):118.

Rohmadi, M. dan Wijana, I. D. P. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugianto, Julita and Erni Yanti Natalia. n.d. “Pt Aneka Tata Niaga.”

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

PlumX Metrics

Published
2020-10-12
How to Cite
Damayanti, E. (2020). Implikatur Percakapan pada Penagih Kredit Barang terhadap Nasabah di Kabupaten Kediri: Conversational Implicatures in Goods Credit Collectors towards Customers in Kediri Regency. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(2), 81-88. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i2.18205