Main Article Content
Abstract
Permasalahan kinerja dan kepuasan pasien sering terjadi di puskesmas dan terdapat keluhan bahwa pasien merasa masih kurang puas dengan pelayanan dimana menyatakan bahwa pelayanan petugas yang masih kurang ramah dan mengeluh pelayanan lamban sehingga harus menunggu lama untuk mendapat pelayanan. Kajian pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien belum pernah dilakukan di Puskesmas Pandaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pandaan. Jenis penelitian adalah kuantitatif menggunakan desain Cross Sectional. Jumlah sampel sebanyak 94 pasien di instalasi rawat jalan. Instrumen menggunakan skala likert. Metode pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner dan Analisis Uji normalitas data Kolmogorov Smirnov, Uji Linieritas, Uji Korelasi Spearmen dan Uji Regresi logistic dengan metode Enter. Hasil penelitian menunjukkan variabel kinerja pegawai terbukti berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan (p=0,001, POR=33). Simpulan, kinerja (dokter, perawat, dan pegawai administrasi) merupakan factor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pandaan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Darmawanto & Ariyanto, M. (2020) ‘Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pasar Muara Bungo’, Jurnal Rekaman : Riset Ekonomi Bidang Akuntasi Dan Manajemen, 4(1), pp. 92–102. Available at: https://ojs.jurnalrekaman.com/index.php/rekaman/article/view/40.
- Fardhoni, Sedjati, R.S., & Permana, I. . (2021) ‘Pengaruh Pelayanan Keperawatan, dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon’, Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), pp. 10–17.
- Feri, N., & Fithriana, N. (2019) ‘Pengaruh Kinerja Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat ( Studi Pada Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )’, JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(2), pp. 152–159. Available at: www.publikasi.unitri.ac.id 152.
- Hafid, M. A. (2014) ‘Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis Dalam Pelayanan Keperawatan Di Rsud Syech Yusuf Kab.Gowa’, Jurnal Kesehatan, 7(2), pp. 368–375. Available at: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/56.
- Hidayah, N., Muhardi, & Suwarsih, S. (2022) ‘Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Pengaruh Kinerja Dokter Gigi Terhadap Mutu Pelayanan dan Implikasinya Pada Kepuasan Pasien’, Jurnal Ilmiah Manajemen, XIII(1), pp. 115–121.
- Luan, M.G., Prayogi, A.S., Badi’ah, A., & Murwani, A. (2018) ‘Ruang Rawat Inap RS Tk. III 04.06.03 Dr. Soetarto Yogyakarta’, Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 1(2), pp. 9–28.
- Lumanaw, H., Mandagi, C., & Wowor, R. (2021) ‘Hubungan Persepsi Pasien Mengenai Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kawangkoan Utara Kabupaten Minahasa’, Jurnal KESMAS, 10(4), pp. 136–142.
- Mulyani, N., Hakim, L. & H. (2021) ‘Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Labuang Baji Makassar’, Journal Unismuh, 2(1), pp. 234–250. Available at: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index.
- Nurhidayat, M., & Zainaroh, M. A. (2020) ‘Pengaruh Kinerja Petugas Kesehatan pada Tingkat Kepuasan Pasien’, Holistik Jurnal Kesehatan, 14(2), pp. 187–194.
- Putri, R.A., Haskas, Y., & Sriwahyuni. (2022) ‘Pengaruh Kinerja Perawat Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang IGD’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(2), pp. 274–279.
- Rama, R.E., Wowor. M., & Gannika, L. (2019) ‘Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado’, Jurnal Keperawatan, 7(1), pp. 1–7. doi: 10.35790/jkp.v7i1.24348.
- Rustifani, Y., Rumana, N.A., & Anggraini, M. (2015) ‘Hubungan kinerja pelayanan dengan kepuasan pasien di bagian tempat pendaftaran pasien rawat jalan di RSUD Tulehu Januari 2015’, Inohim, 3(1), pp. 1–8.
- Safitri, R.D., & Wahyono, B. (2021) ‘Indonesian Journal of Public Health and Nutrition Hubungan Antara Kinerja Petugas Poli KIA Terhadap Kepuasan Pasien KIA di Puskesmas Rembang 1 Article Info’, Ijphn, 1(3), pp. 697–702. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN.
- Septiadi, H., Wahidi, K.R., & Anindita, R. (2020) ‘Kinerja Perawat dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Seto Hasbadi’, Journal of Hospital Management, 3(1), pp. 335–343.
- Sugiyono & Puspandhani, M. . (2020) Metode Penelitian Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Suwartiningsih, R. (2018) ‘Analisis Pengaruh Pelayanan Puskesmas dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Pelanggan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang Jawa Timur’, JIMMU, 3(2), pp. 120–125.
- Wardani, R. K. (2019) ‘Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Gunung Sugih’, Jurnal Simplex, 2(3), pp. 20–29.