Main Article Content
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengadaan media pembelajaran tematik yang masih terbatas sehingga kemaunan siswa dalam pembelajaran menjadi kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran tematik Magic Puzzle yang valid dan praktis dalam pembelajaran tema Berbagai Pekerjaan kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan prosedur penelitian ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 01 Nyamok yang berjumlah 30 siswa dan seluruh siswa SD Negeri 02 Sumurjomblangbogo yang berjumlah 26 siswa tahun pelajaran 2017/2018. Pengembangan menghasilkan media pembelajaran tematik Magic Puzzle tema berbagai pekerjaan. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan jumlah rata-rata keidealan yaitu 90% dan 80% serta hasil tanggapan guru dan siswa terhadap media Magic Puzzle dengan rata-rata keidealan 83% dan 97%.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Djamarah, S. B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Hariyanto & Suyono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Jamil, S. 2012. 56 Games Untuk Keluarga. Jakarta: Republika Penerbit.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2012. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
- Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja