PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENANYA DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 KEDIRI

  • ACHMAD YOESOEF
Abstract views: 661 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1206

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menanya dan penguasaan konsep fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri dalam belajar fisika menggunakan model Problem Based Learning.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan menanya dan hasil tes tiap siklus. Penerapan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan menanya dan penguasaan konsep fisika.

Hasil analisis selama proses pembelajaran siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menanya siswa. Pada tingkatan kognitif lebih rendah   (1) remember meningkat 31.141%. Siswa sudah meningggalkan pertanyaan yang bobotnya mengingat. (2) understand meningkat 7,017%. (3) apply meningkat 7,017%. Pada tingkatan kognitif lebih tinggi (4) analyze meningkat 5,848%, (5) evaluate meningkat 2,924%. (6) create 0. Siswa masih perlu dilatih untuk menunjukkan kemampuan menanya tingkatan kognitif yang paling tinggi create.Simpulan hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menanya siswa. 2) Pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa.

 

Kata kunci: problem based learning, kemampuan menanya, penguasaan konsep

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-04-16
How to Cite
YOESOEF, A. (2015). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENANYA DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 KEDIRI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.154
Section
Artikel