Strategi Pembelajaran Learning Tournament
Implementasi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Peta di SMA Negeri 7 Kota Kediri
Abstract
Tidak tercapainya kriteria kelulusan minimal (KKM)pada mata pelajaran merupakan problem bersama antara guru dengan para siswa oleh karena itu diperlukan upaya sistematis untuk meningkatkan nilai melalui usaha strategi pembelajaran yang lebih baik. Dalam studi ini peneliti menerapkan strategi pembelajaran learning tournament untuk meningkatkan nilai mata pelajaran geografi materi peta di SMA Negerti 7 Kota Kediri. Penelitian tindakan kelas telah dilakukan untuk membuktikan bahwa strategi pembelajaran learning tournament mampu meningkatkan nilai mata pelajaran geografi peta siswa SMA Negeri 7 Kota Kediri. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 54% (21) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 71% (27) siswa tuntas KKM.Kemudian, pada siklus II terdapat 84% (32) siswa tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 82% siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% siswa tuntas KKM.
Downloads
References
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas
Dewi, Nurmala. 2009. Geografi 3 : untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Depdiknas.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Sardiman. 2001.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silberman, Melvin L. 2012. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEMCet. 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Copyright (c) 2018 PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License