Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Benua dan Samudera dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Learning Start with a Question pada Siswa Kelas IX A SMPN 3 Kediri

  • Saroh Saroh SMP Negeri 3 Kediri
Abstract views: 328 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 119
Keywords: Hasil belajar, IPS, Learning Start with a Question

Abstract

Siswa kelas IX A SMPN 3 Kediri cenderung ramai ketika proses pembelajaran di kelas. Untuk beberapa materi, bahkan guru harus mengulang kembali agar siswa paham. Ketika pembelajaran berlangsung siswa terlihat bermain-main sendiri dan tidak fokus mendengarkan penjelasan guru sehingga pemahaman materi kurang maksimal. Hal tersebut berakibat pada rendahnya nilai rata-rata siswa di ulangan harian. Data menunjukkan bahwa hanya 47% siswa yang tuntas KKM. Peneliti memilih sebuah strategi pembelajaran Learning Start with a Question. Strategi pembelajaran Learning Start with a Question adalah strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk dapat bertanya dan menemukan jawaban dari pertanyaan yang mereka ajukan dengan berdiskusi sesama kelompoknya agar mereka lebih mengerti materi yang diajarkan oleh guru. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa hingga 75% dengan nilai KKM 72. Hasil peningkatan dapat terlihat dari data sebagai berikut: prasiklus 47%; siklus pertama 68%; siklus kedua 85%. Hasil tersebut dikatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Hasil peningkatan dapat terlihat dari nilai rata-rata siswa sebagai berikut: prasiklus 66,8; siklus pertama 71,8; siklus kedua 80,6. Hasil tersebut dikatakan berhasil karena sudah melebihi indikator keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Model Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamruni. 2015. Strategi dan Model-model Pembelajaran aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Ibrahim, Nurdin. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Komputer Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa, E. 2016. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54.

Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rhineka Cipta

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto Budi. S. 2013. Pengaruh Strategi Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio di SMK Negeri 2 Surabaya, (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

PlumX Metrics

Published
2019-09-12
How to Cite
Saroh, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Benua dan Samudera dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Learning Start with a Question pada Siswa Kelas IX A SMPN 3 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 32-39. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.12867