PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KAUMAN PADA KOMPETENSI DASAR LARUTAN ASAM BASA

Authors

  • Yulis Setyaningsih SMA Negeri 1 Kauman Kab. Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11713

Keywords:

Tutor sebaya, Prestasi belajar dan Ketuntasan belajar.

Abstract

Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi atau keadaan dalam proses belajar-mengajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar yang baik. Kesulitan belajar siswa dalam mempelajari Kimia dapat diidentifikasikan paling sedikit dalam tiga kategori, yaitu kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan rumus-rumus pada penyelesaiannya serta kesulitan menyelesaikan masalah.

Kendala yang dihadapi sebagian besar siswa merasa malu bertanya kepada guru jika ada materi yang belum dimengerti. Sehingga hasil belajar siswa cederung redah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar Kimia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kauman dengan penerapan tutor sebaya, dan  untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan ketuntasan belajar siswa dengan penerapan tutor sebaya.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Reseach Classroom). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran dengan tutor sebaya prestasi belajar kimia siswa dinilai meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2017-11-20

How to Cite

Setyaningsih, Y. (2017). PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KAUMAN PADA KOMPETENSI DASAR LARUTAN ASAM BASA. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 69–73. https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11713