PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KAUMAN PADA KOMPETENSI DASAR LARUTAN ASAM BASA
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11713Keywords:
Tutor sebaya, Prestasi belajar dan Ketuntasan belajar.Abstract
Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi atau keadaan dalam proses belajar-mengajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar yang baik. Kesulitan belajar siswa dalam mempelajari Kimia dapat diidentifikasikan paling sedikit dalam tiga kategori, yaitu kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan rumus-rumus pada penyelesaiannya serta kesulitan menyelesaikan masalah.
Kendala yang dihadapi sebagian besar siswa merasa malu bertanya kepada guru jika ada materi yang belum dimengerti. Sehingga hasil belajar siswa cederung redah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar Kimia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kauman dengan penerapan tutor sebaya, dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan ketuntasan belajar siswa dengan penerapan tutor sebaya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Reseach Classroom). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran dengan tutor sebaya prestasi belajar kimia siswa dinilai meningkat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License