Pemahaman Nilai Phi (Π) terhadap Rumus Keliling Lingkaran pada Mahasiswa PGSD 2018 Unirow Tuban
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13053Keywords:
phi (π), lingkaran, mahasiswaAbstract
Sebagai calon pendidik, khususnya mahasiswa Unirow Tuban diharapkan memiliki kompetesi yang memadai. Kompetensi yang dimaksud adalah terutama pengusaan materi pembelajaran matematika yang akan diajarkan kepada siswa sekolah dasar. Salah satu materi yang sering dianggap mudah namun kenyataannya banyak pendidik bahkan mahasiswa juga kesulitan dalam mengajar adalah memahamkan nilai phi (π) dalam rumus keliling lingkaran. Hasil wawancara dengan salah mahasiswa angkatan 2018 mengemukakan bahwa mahasiwa tersebut tidak tahu asal nilai phi (π) pada rumus keliling lingkaran, yang diingat mahasiswa ketika pembelajaran materi lingkaran terkadang dimulai dengan memberikan rumus keliling lingkaran, kemudian dilanjutkan dengan menyelesaikan contoh soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap bilangan phi (π) pada rumus keliling lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 70 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan random sampling sejumlah 75 mahasiswa. Guna mengukur kemampuan mahasiswa dilakukan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD Unirow Tuban 2018 mememiliki pemahaman yang tergolong masih sangat rendah dengan nilai rata-rata yang diperoleh 58,7 dalam kategori kurang baik dengan konversi nilai D. Sebagian besar mahasiswa kesulitan dalam memahami, tertutama pada soal Poin C dan poin D yang terkait dengan asal mula nilai phi (π) dan bagaimana mencari nilai phi (π) itu sendiri. Jika diprosentasekan pada soal C, mahasiswa mampu menjawab makna nilai phi (π) sebanyak 18,66 % (14) mahasiswa. Sedangkan pada soal D, mahasiswa mampu menjawab cara menemukan nilai phi (π) sebanyak 16 % (12) mahasiswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Negeri Semarang.
Ruseffendi, E.T. 1989. Dasar-dasar matematika Modern dan Komputer untuk Guru. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Suyitno, Amin. 2005. Pendidikan Matematika I. Semarang: FMIPA Universitas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License