Pemahaman Nilai Phi (Π) terhadap Rumus Keliling Lingkaran pada Mahasiswa PGSD 2018 Unirow Tuban

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Saeful Mizan

Abstract

Sebagai calon pendidik, khususnya mahasiswa Unirow Tuban diharapkan memiliki kompetesi yang memadai. Kompetensi yang dimaksud adalah terutama pengusaan materi pembelajaran matematika yang akan diajarkan kepada siswa sekolah dasar. Salah satu materi yang sering dianggap mudah namun kenyataannya banyak pendidik bahkan mahasiswa juga kesulitan dalam mengajar adalah memahamkan nilai phi (π) dalam rumus keliling lingkaran. Hasil wawancara dengan salah mahasiswa angkatan 2018 mengemukakan bahwa mahasiwa tersebut tidak tahu asal nilai phi (π) pada rumus keliling lingkaran, yang diingat mahasiswa ketika pembelajaran materi lingkaran terkadang dimulai dengan memberikan rumus keliling lingkaran, kemudian dilanjutkan dengan menyelesaikan contoh soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap bilangan phi (π) pada rumus keliling lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Subjek penelitian adalah 70 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan random sampling sejumlah 75 mahasiswa.  Guna mengukur kemampuan mahasiswa dilakukan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD Unirow Tuban 2018 mememiliki pemahaman yang tergolong masih sangat rendah dengan nilai rata-rata yang diperoleh  58,7 dalam kategori kurang baik dengan konversi nilai D. Sebagian besar mahasiswa kesulitan dalam memahami, tertutama pada soal Poin C dan poin D yang terkait dengan asal mula nilai phi (π) dan bagaimana mencari nilai phi (π) itu sendiri. Jika diprosentasekan pada soal C, mahasiswa mampu menjawab makna nilai phi (π) sebanyak 18,66 % (14) mahasiswa. Sedangkan pada soal D, mahasiswa mampu menjawab cara menemukan nilai phi (π) sebanyak 16 % (12)  mahasiswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mizan, S. (2019). Pemahaman Nilai Phi (Π) terhadap Rumus Keliling Lingkaran pada Mahasiswa PGSD 2018 Unirow Tuban. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 108–116. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13053

References

    Arifin, Zaenal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
    Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
    Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
    Negeri Semarang.
    Ruseffendi, E.T. 1989. Dasar-dasar matematika Modern dan Komputer untuk Guru. Bandung: Tarsito
    Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
    Suyitno, Amin. 2005. Pendidikan Matematika I. Semarang: FMIPA Universitas