Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu industri pertanian khususnya petani buah mangga dalam meningkatkan kualitas produksi menggunakan EyeSmart yaitu sebuah sistem AI buatan yang dapat dimanfaatkan pada industri pertanian. Sistem ini dibuat bertujuan untuk memudahkan petani atau industri pertanian buah mangga untuk menghitung dan mendeteksi kualiatas buah mangga secara efektif dan efisien menggunakan citra gambar. Sistem ini telah melalui tahapan Problem Scoping, Data Acquisition, Data Exploration, Modeling, Evaluation, dan Deployment yang termasuk pada domain Computer Vision dalam mendeteksi objek buah mangga. Sistem AI EyeSmart ini dibuat dengan algoritma YOLOv4 dengan dataset berupa 655 gambar buah mangga berkualitas baik dan buruk serta telah di evaluasi menggunakan Mean Average Precision (mAP) yang merupakan nilai rata rata dari nilai AP yang dihitung untuk setiap objek. Hasil evaluasi didapatkan nilai rata rata Mean Average Precision (mAP) sebesar 0.612464 atau 61.25%. Nillai ini dapat dikatakan cukup baik dalam mendeteksi objek. Sistem AI EyeSmart yang telah di evaluasi tersebut kemudian diterapkan dalam tampilan website agar mudah dalam penggunaan nya.

Keywords

Pengembangan Industri Pertanian AI Artificial Intellegence

Article Details

How to Cite
Ditya, N. P. (2023). Pengembangan Teknologi AI Computer Vision Dalam Membantu Petani Buah Mangga Meningkatkan Kualitas Produksi Menggunakan EyeSmart. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(2), 66-72. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i2.21937

References

  1. 1.Sihombing, Fernando. 2019. “Potensi Ekstrak Seresah Daun Mangga (Mangifera Indica L.) Sebagai Bioherbisida Terhadap Pertumbuhan Gulma Bayam Duri (Amaranthus Spinosus L.).”
  2. 2.Salatin, Nurjanah Puspa. 2019. “Perbanyakan Tanaman Mangga (Mangifera Indica) Dengan Cara Cangkok Di Uptd B2tph, Tohudan, Colomadu Karanganyar.”
  3. 3.Badan Pusat Statistik. 2022. “Produksi Tanaman Buah Buahan 2022.” Retrieved (https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjIjMg==/produksi-tanaman-buah-buahan.html).
  4. 4.Badan Pusat Statistik. 2022. “Ekspor Buah-Buahan Tahunan Menurut Negara Tujuan Utama.” Retrieved (https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MjAyMCMx/ekspor-buah-buahan-tahunan-menurut-negara-tujuan-utama--2012-2022.html).
  5. 5.Budiman, Saiful Nur. 2021. “Sistem Pengukuran Mutu Buah Mangga Berdasarkan Kematangan, Ukuran Dan Area Bercak Menggunakan Fuzzy Inference System.”
  6. 6.Muhyddin. 2022. “Penerapan Ai Computer Vision Dan Machine Learning Yolov5 Untuk Taksasi Produksi Pada Perkebunan Tebu.”

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'