Main Article Content

Abstract

Kualitas pelayanan adalah ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang di berikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kunci untuk memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik adalah memenuhi atau melebihi ekspektasi kualitas pelayanan pelanggan sasaran. Jadi tingkat kepuasan merupakan fungsi perbedaan antara kinerja yang di rasakan oleh harapan, jika kinerja yang di rasakan di bawah harapan maka konsumen merasa tidak puas, sedangkan jika kinerja yang di rasakan sesuai dengan harapan atau bahkan melalui harapan maka konsumen akan merasa sangat puas. Ppeneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen di Koperasi Baitul Maal Jawaahirul Hikmah” untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pembelian konsumen di koperasi Baitul Maal Jahirul Hikmah. Metode penelitian penelitian ini adalah angket, dengan kualitas pelayanan (X) dan kepuasan konsumen(Y). Dari analisis data diketahui uji t nilai () 46.529 > 1.663 () dengan nilai signifikasi 0.000 < nilai probabilitas .0.05, Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di koperasi Baitul Maal.

Keywords

Kualitas Pelayanan Kepuasan Pembelian Konsumen

Article Details

How to Cite
Aisy, R., & Gufron, M. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOPERASI BAITUL MAAL JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG . Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 63-67. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.16697

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasi. Yogyakarta: Gava Medi.
  5. Juwandi, H. I. (2004). Kepuasan Pelayanan JasaKepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.
  6. Kotler. (2005). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
  7. Kotler, P. dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran.Jakarta: Erlangga.
  8. Lupiyoadi, R. D. H. A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
  9. Maryadi, M. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Multi Niaga Makassar. AKMEN Jurnal Ilmiah, 9(4), 218–226. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/download/827/749%0Ahttps://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/827
  10. Rangkuti Freddy. (2002). Measuring Customer Satification,. Yogyakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,Cetakan Pertama.
  11. Ratminto & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  12. Revrison, B. (1997). Perkoperasian Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
  13. Sani & Masyhuri M. (2010). Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia.Malang: UIN Press.
  14. Schmalensee, R., & Jolla, L. (2008). the Effect of Service Quality and Expectations. LVI(1), 190–214.
  15. Subagja, SE., MM., I. K., & Putri, A. A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Rahman Wisata Mandiri Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i2.114
  16. Sudjut, B. U. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Bpr Ukabima Grup. 0–91. http://repository.upnyk.ac.id/5933/1/TESIS_SUDJUT_BUDI_UTOMO_MM_UPNVY.pdf
  17. Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi.Bandung: Alvabeta.
  18. Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
  20. Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  21. Suprapto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
  22. Tjiptono. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
  23. Tjiptono, F. (2002). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset
  24. Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
  25. Tjiptono, F. dan G. candra. (2005). Service, Quality and Statisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
  26. Ulum, F. (2020). Pengaruh kinerja karyawan terhadap keputusan pembelian konsumen di koperasi pp darul hikmah bangkalan skripsi.
  27. Yusuf, D., & Raheni, C. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Koperasi Pegawai Telkom Anutapura Palu The Effect Of Service Quality On Customer Satisfaction In Cooperative Of Telkom Staff Anutapura Palu. 6(X), 94–100.
  28. Zeithaml, V. A., Bitner, M. J. dan Gremler, D. D. (2009). Service Marketing – integrating customer focus across the firm (5th ed.). New York: McGraw-Hill.