Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Pos Kopi Zio Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi adalah seluruh konsumen Pos Kopi Zio dengan jumlah tak terhingga. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus lemeshow didapatkan 100 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan uji t dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 dan hasil uji F sebesar 0,000 ≤ 0,05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh parsial antara brand image terhadap keputusan pembelian dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian. Serta ada pengaruh simultan antara brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Pos Kopi Zio Kabupaten Jombang. Nilai R Square sebesar 0,547. Hal ini menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel bebas (brand image dan kualitas layanan) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 0,547 atau 54,7% . Sedangkan sisanya 45,3%  dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Keywords

Brand Image, kualitas layanan, keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Dwi Anggreini, R., & Masruchan. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI POS KOPI ZIO KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(2), 82-91. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i2.18462

References

  1. Aditama, Dani. (2021) Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa J&T Express. Jurnal Wacana Ekonomi 20(3)
  2. Aryani, D & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 17(2).
  3. Hasan, A. (2013). Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo: Yogyakarta:J&J Learning.
  4. Jackson R.S. Weenas. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Emba, (Online), 1(4). 607-618. (https://ejournal.unsrat.ac.id), diunduh 30 Oktober 2021.
  5. Kementerian Pertanian. (2016). Outlook Kopi: Komoditas Pertanian Subsektor Perkebunan. Jakarta, Indonesia: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.
  6. Kotler dan Keller, (2012), Marketing Management, Global Edition, Publishing as Prentice Hall.
  7. Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Andi, Yogyakarta.
  8. Zahroh, A., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Janji Jiwa di Royal Plaza Surabaya. JPTN – Jurnal Pendidikan Tata Niaga, (Online),8(2). Retrieved (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id). diunduh 30 Oktober 2021.
  9. Ali, Zainuddin. 2014. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.