Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam studi ini pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuisioner. Informan pada penelitian ini yakni masyarakat yang pernah melakukan pembelian produk air minum merek aqua kemasan galon di wilayah Menur Pumpungan Sukolilo Surabaya. Setting penelitian ini dilakukan di wilayah Menur Pumpungan Sukolilo Surabaya. Teori yang digunakan dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan teori dari Kotler.


Hasil temuan data menunjukkan bahwa dari hasil analisis secara keseluruhan faktor yang diduga menimbulkan keputusan pembelian terhadap produk aqua kemasan galon terdapat 6 faktor diantaranya faktor harga aqua kemasan galon yang ditawarkan terjangkau, faktor produk aqua galon sesuai dengan usia, faktor membeli produk aqua karena masyarakat sekelas, faktor iklan melalui kartu nama dan faktor sesuaidengankeyakinandiri. Diantara faktor-faktor tersebut faktor harga aqua kemasan galon yang ditawarkan terjangkau menjadi faktor dominan yang sangat dipertimbangkan dalam keputusan pembelian produk aqua galon di wilayah Menur Pumpungan Sukolilo Surabaya. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai eigent value sebesar 7,172 yang merupakan nilai paling besar dari faktor yang lain.

Keywords

Analisis Faktor Air Minum Keputusan Pembelian Kemasan Galon Perilaku Konsumen

Article Details

How to Cite
Firdaus, F., & Adi Tri Tunggal. (2023). APLIKASI ANALISIS FAKTOR DALAM PENENTUAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM MEREK AQUA KEMASAN GALON DI WILAYAH MENUR PUMPUNGAN SUKOLILO SURABAYA . Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(1), 30-35. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i1.18084

References

  1. Antonius, I., Sugiono, D., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya, 1(2), 1–11.
  2. Demak, C. K. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Yamaha Mataram Sakti Cabang Karangtengah Demak, 1–4.
  3. Gifary, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pemebelian Minuman Isotonik (Studi Kasus Pada Mizone Di Bandar Lampung).
  4. Herdi Jayakusumah. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bekasi).
  5. Ii, B. A. B., Teori, L., & Kerangka, D. A. N. (2012). Pengaruh Word Of Mouth Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Konsumen, 12–35.
  6. Jajan, M., Di, T., & Malang, K. (2011). Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Makanan Jajan Tradisional Di Kota Malang.
  7. Kasus, S., Online, K. F., & Makassar, K. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online.
  8. Kepuasan, D. A. N., Pada, K., Merek, N., Kasus, S., & Universitas, M. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Notebook Merek Acer (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Diponegoro) Koko, 2, 29–38.
  9. Konsumen, P. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Industri Garment, 86–105.
  10. Konsumen, P., & Konsumen, P. P. (2008). Pengaruh Motivasi Atribut Toko Dan Kesenangan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Toko Diskon Berdasarkan Perbedaan Tipologi Konsumen, (1), 9–29.
  11. Mempengaruhi, F. Y., Dalam, K., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Pada Fiesta Pasar Swalayan Manado, 2(1), 66–77.
  12. Pembelian, K. (2010). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Ix(3), 335–369.
  13. Pengantar, K. (2018). Pengaruh Spiritual Quotient Dan Workplace Spirituality Terhadap Deviant Workplace Behavior Dengan Job Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Sdi Al Mufidah Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya.
  14. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Katalog Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Giant Supermarket. (2014). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Katalog Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Giant Supermarket Bandarlampung.
  15. Psikologis, F., Keputusan, T., Kecamatan, I. D. I., & Kab, P. (2013). Untuk Penelitian Ini ( Α = 5% ) Adalah 1,985. Variabel Faktor Budaya Memiliki Nilai T, 6(12), 112–129.
  16. Risna Meidina Mabrukah. (2018). Analisis Semiotik Makna Berbagi Dalam Iklan Aqua Versi “Saya Indonesia” Di Billboard Skripsi.
  17. Setiawan, H., Herawati, Y., Asmarani, S., Bisnis, D. A., & Sriwijaya, P. N. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Suplemen Kesehatan K-Omega Squa ( Studi Kasus Pada Stokis Pt K-Link Nusantara Cabang Plaju Palembang ), 13, 70–85.
  18. Antonius, Sugiono, Pemasaran, Petra, & Siwalankerto, 2013; Demak, 2017; Gifary, 2017; Herdi Jayakusumah, 2011; Ii, Teori, & Kerangka, 2012; Jajan, Di, & Malang, 2011; Kasus, Online, & Makassar, 2016; Kepuasan, Pada, Merek, Kasus, & Universitas, 2013; Konsumen, 2012; Konsumen & Konsumen, 2008; Mempengaruhi, Dalam, Ekonomi, & Manajemen, 2014; Pembelian, 2010; Pengantar, 2018; Pengaruh Promosi Penjualan Dan Katalog Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Giant Supermarket, 2014; Psikologis, Keputusan, Kecamatan, & Kab, 2013; Risna Meidina Mabrukah, 2018; Setiawan, Herawati, Asmarani, Bisnis, & Sriwijaya, 2015)

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'