Main Article Content

Abstract

Sauzhana, Kristal. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Pembimbing Muhammad Anasrulloh S.Pd, M.M.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pengguna Jasa.


Nadzira Wedding Organizer merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa yaitu wedding organizer yang menyediakan jasa untuk melayani acara pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pengguna jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda uji t dan uji F. Penyusunannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung dengan presentase 50,1%. Nilai signifikan untuk Pengaruh Kualitas Pelayanan(X1) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa (Y) adalah sebesar thitung > ttabel  (5,026 > 2,002) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Nilai signifikan untuk Pengaruh Promosi (X2) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa (Y) diketahui bahwa uji t diperoleh thitung 2,935 > ttabel 2,002. Nilai signifikansi 0,005 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer. Dan nilai signifikansi antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa (Y) adalah sebesar Fhitung  > Ftabel ( 28,562 > 3,81) Berdasarkan hasil signifikansinya, 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel Kepuasan Pengguna Jasa (Y).

Keywords

Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pengguna Jasa.

Article Details

How to Cite
Sahroma, K. S. P., & Anasrulloh, M. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PADA NADZIRA WEDDING ORGANIZER TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 57-62. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.16670

References

  1. Amanah, D. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, 2(1), 71–87. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/HNGVJ
  2. Anasrulloh, M. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO RITEL DH MART. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Ritel DH Mart, 9.
  3. Arikunto, S. (2002). prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. pt rineka cipta.
  4. Gaol, A. L., & Hidayat, K. S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 1 September 2016, 38(1), 125–132.
  5. Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1313–1322.
  6. Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
  7. Lenzun, J. J., Massie, J. D. ., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, 2(3), 1237–1245. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/5802/5335
  8. Lusiana, V. (2015). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Studi pada Larissa Aesthetic Center Semarang ). 1–116.
  9. Maharani Purnama, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 140. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1564
  10. Nangoy, S., L. Mandey, S., & Kawet, L. (n.d.). pengaruh promosi harga dan distribusi terhadap keputusan pembelian pakaian pada matahari. 1–30.
  11. Setyo. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1, 755–764.
  12. Sugiyono. (2014). metode penelitian kuantitatif , kualitatif, dan R & D. ALFABETA, CV.
  13. Wibisono, A., & , S. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE. PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi,” 6(2), 32. https://doi.org/10.24929/feb.v6i2.268