Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh-Belajar Dari Rumah (PJJ-BDR) Satu Tahun Masa Pandemik Covid-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penutupan sekolah dan pembelajaran dilaksanakan melalui PJJ-BDR telah berlangsung lebih dari satu tahun. Ada beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji efektivitas PJJ-BDR. Penelitian ini berusaha mengkomparasikan hasil-hasil penelitian yang ada dengan informasi dan data yang diperoleh dalam penelitian ini, dengan menggunakan pendekatan desk research dapat disimpulkan sebagai berikut;(1) pembelajaran melalui PJJ-BDR akibat pandemik covid-19 adalah pilihan terbaik terlepas dari banyaknya kendala yang dihadapi guru, ini karena masih dimungkinkan pemberian layanan pembelajaran kepada peserta didik masih dapat berlangsung, (2) ada banyak hal yang menentukan efektivitas PJJ-BDR terbukti beberapa penelitian menunjukkan hasil yang berbeda, dan (3) pembelajaran PJJ-BDR bagi peserta didik sekolah dasar tidak efektif. Saran yang dapat diberikan adalah; (1) agar pelaksanaan PJJ-BDR berlangsung efektif, disarankan pada guru-guru memiliki kreativitas dan motivasi yang tinggi untuk pengembangan diri dan menyesuaikan dengan penerapan aplikasi belajar, pilihan strategi pembelajaran yang tepat antara daring, luring dan blended learning, (2) agar PJJ-BDR terlaksana baik, diperlukan perhatian semua pihak sesuai dengan perannya masing-masing pimpinan sekolah, kepala dinas pendidikan, pemerintah dan pemerintah pusat, dan (3) disarankan bagi peneliti lanjutan untuk melakukan penelitian sesuai dengan fokus pada jenjang dan jenis pendidikan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Atrup dan Puspitarini, I. Y. D. 2021. “Efektivitas PJJ-BDR Masa Pandemik Covid-19”, Makalah Disajikan dalam Webinar dan Workshop Nasional Satu Tahun PJJ-BDR, 29-31 Maret 2021. Kediri: SLCC-APKS PGRI Kota.
Azwar, Z. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dirjen. GTK-Kemendikbud. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh: Bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Kemedikbud.
Direktorat SMA. 2020 (a). Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di SMA. Jakarta: Kemendikbud.
Direktorat SMA. 2020 (b). Evaluasi Pelaksanaan BDR (Belajar Dari Rumah)”. Jakarta: Kemendikbud.
Irmawati, A., dkk. 2020. Dampak Belajar Dari Rumah terhadap Kondisi Psikologis Siswa. Buku Panduan Seminar Hasil Penelitian: KebijakanBerbasis Bukti Untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi, 7-9 Desember 2020. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Penelitian Kebijakan, Kemendikbud.
LPMP DKI Jakarta. 2020. Infografis Hasil Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta: LPMP DKI-Jakarta.
Mamluah, S. K. & Maulidi, A. 2021. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5 (2), 869-877.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Affabeta
Murni, S., dkk. 2020. Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Buku Panduan Seminar Hasil Penelitian: Kebijakan Berbasis Bukti Untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi, 2-4 Desember 2020. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Penelitian Kebijakan, Kemendikbud.
Pratiwi, I., dkk. 2020. Evaluasi Hasil Belajar Dari Rumah Tahun Ajaran 2020-2021. Buku Panduan Seminar Hasil Penelitian: Kebijakan Berbasis Bukti Untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi, 2-4 Desember 2020. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Penelitian Kebijakan, Kemendikbud.
Prawiyogi, A. G., dkk. 2020. Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar. 11 (1), 94-101.
Santoso, A. M. 2021. Guru Tak Siap, Butuh Kurikulum Khusus. Jawa Pos: Radar Kediri, edisi Jumat, 23 Juli 2021.
Zamjani, I.,dkk. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Dari Rumah di Masa Darurat Covid-19. Buku Panduan Seminar Hasil Penelitian: Kebijakan Berbasis Bukti Untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi, 2-4 Desember 2020. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat PenelitianKebijakan, Kemendikbud.