Penggunaan Panduan Teknik Self Instruction Sebagai Media untuk Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Self discipline atau disiplin diri adalah atribut diri yang perlu dimiliki oleh siswa. Fenomena nyata di sekolah menunjukkan masih terdapat siswa yang memiliki disiplin diri rendah. Disiplin diri rendah ditandai dengan perilaku melanggar peraturan sekolah sampai di sekolah terlambat, menggunakan atribut sekolah yang tidak lengkap, dan lain sebagainya. Fenomena tersebut hendaknya menjadi perhatian khusus karena disiplin diri apabila dibiarkan akan berpengaruh pada bidang akademik siswa. Teknik self instruction merupakan salah satu teknik konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin diri tersebut. Teknik ini memfokuskan pada kata diri positif yang dapat mengontrol perilaku. Teknik self instruction pada riset ini diterapkan melalui media panduan. Tujuan riset ini adalah untuk meningkatkan disiplin diri siswa Sekolah Menengah Atas melalui panduan teknik self instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Srengat. Purposive samplingmerupakan teknik mengambilan sampel yang dipakai dalam peneltian ini. Instrumen yang digunakan adalah skala disiplin diri. Hasil data dari instrumen tersebut dianalisis menggunakan paired sample test dengan ketentuannilai signifikansi 0,004<0,05. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan tingkat disiplin diri siswa sebelum dan sesudah diberikan intervensi.Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa panduan teknik self instruction efektif untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMA.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Brooks, R. & Goldstein, S. 2008. Raising A Self Disciplined Child. United States: Mc Graw Hill.
Bryant, T. 2011. Self Discipline in 10 days: How to Go from Thinking to Doing. Seattle, Washington: Human Understanding and Behavior Publishing.
Creswell, J.W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th Edition. Boston: Pearson.
Fauzan, L. 2013. Self Discipline Siswa Sebagai Masalah dalam Bimbingan dan Konseling: Gambaran dan Model Bantuannya. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 1 (40): 16-23.
Nawantara, R. D. 2015. Perbedaan Komitmen Tugas Siswa SMP Negeri 4 Malang Melalui Penerapan Teknik Reframing dan Self Instruction. Tesis tidak Diterbitkan: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Nawantara, R. D., Arofah, L., Setyaputri, N.Y. 2019. Development of Self Instruction Technical Guidelines to Improve High School Students’s Self Discipline. The 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI) dengan tema ”Empowering Education in Society 5.0 Era”. Surabaya: Faculty of Education, State University of Surabaya.
Ramli, M. 1999. Developing Student Self Discipline. Jurnal Filsafat, Teori, dan Praktik Kependidikan, 26 : 12-21.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susana, T., Parmadi, E. H., & Adi, P. S. 2015. Program Bantu Diri Terapi Kognitif Perilaku: Harapan bagi Penderita Depresi. Jurnal Psikologi, Vol. 42 (1): 78-98.