Pemberian Layanan Konseling Kelompok Dengan Tehnik Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Sikur
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari Penelitian yang berjudul layanan konseling kelompok dengan Teknik problem solving adalah untuk mengetahui pemahaman karir siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian bersifat pre eksperimen design, dan rancangan penelitiannya yang digunakan adalah one group pretest dan posttest. Analisis data yang diperoleh adalah t-table (6,002>2,365) pada taraf signifikan 5%, menunjukan bahwa ada pengaruh untuk meningkatkan pemahaman karir dengan layanan konseling kelompok menggunakan tehnik problem solving pada siswa kelas VIIIA, sehingga dapat disimpulkan “Jika diberikan layanan konseling kelompok menggunakan tehnik problem solving maka dapat meningkatkan pemahaman karir siswa kelas VIIIA SMPN 1 SIKUR”.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Cara Mengutip
Referensi
Agung Juwantara, Ridho (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al
Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9, no. 1 (2019): Hal, 29.
Anwar. (1984). Pengantar Jurnalistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Awaliyah, G. (2019). 87 Persen Mahasiswa Mengaku Salah Pilih Jurusan.
Republika. https://republika.co.id/berita/pendidikan/duniakampus/pmjuhw368/87-persen-mahasiswa-mengaku-salah-pilih-jurusan (diakses 12 Agustus 2023)
Dewa Ketut Sukardi (2008). Pengantar Pelaksanaan Program BK Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, Ririn (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia. Grafika
Jacobs, Harvill dan Manson (1994) [online] Tersedia : http://www.academia.edu./7382789/Konsep Dasar Dinamika Kelompok./ [12 Agustus 2023]
Juntika, a., Nurihsan, & Agustin, m. (2013). Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan Dan Bimbingan . bandung: pt refika aditama
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Morissan. 2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Mukhlisah, A. (2015). Pengembangan Kongnitif Jean Piaget Dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia (Studi Kasus Pada Mi Pangeran Diponegoro Surabay)a. jurnal kependidikan islam.vol.6(2), 118-143.
Romlah & Tatiek. (2001). Teori Dan Praktik Bimbingan Kelompok Malang:Universitas Negeri Malang
Reksoatmodjo, S. M. (2009). Statistika Untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung: Pt. Refika Aditama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: penerbit. Alfabeta.
Sugiyono (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.
Youthmanual. (2018). Program Studi. Dilihat pada tanggal 12 Agustus 2023.
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.