Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Program ECOBOT (Eksperimen Cinta Botani) Di SDN Kraton

Authors

  • Ovaldo Firdaus Zamzami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Salma Verlicya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Asih Nur Fadila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27907

Keywords:

ecobot, Tanaman, Literasi Sains, Peduli Lingkungan

Abstract

Program ECOBOT (Eksperimen Cinta Botani) di SDN Kraton bertujuan meningkatkan literasi sains, memberikan pengalaman belajar langsung, dan menumbuhkan kepedulian lingkungan peserta didik. Program ini dilaksanakan di SDN Kraton yang diikuti oleh suluruh peserta didik dari semua jenjang kelas. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep sains dasar serta keterampilan proses sains, seperti mengamati, mencatat, dan menganalisis pertumbuhan tanaman. Program ini menjadi bentuk inovasi edukatif yang mengintegrasikan pembelajaran sains dengan pendidikan lingkungan hidup, sekaligus menumbuhkan sikap peduli dan tanggung jawab terhadap alam sejak usia dini pada tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 3 , PDF downloads: 2

References

APRILIANA, S., ZUNAIDAH, F. N., & NURMILAWATI, M. (2024). VALIDITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SDN GAYAM 1. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 193-206. https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3163

Kurniawan, S. (2025). Pembelajaran Sains di Luar Kelas: Membangun Minat dan Pengetahuan Sains dalam Kehidupan Sehari-hari:(Studi Kasus di SMPN 1 Tanggulangin). SEARCH: Science Education Research Journal, 3(2), 82-92. https://doi.org/10.47945/search.v3i2.1884

Muharram, N. A., Pratama, B. A., Weda, Yanti, E, S., Sugeng, I., Herpandika, R. P., & Putra R. P. (2025). Optimizing Science Literacy Through the Implementation of STEM in the Physical Education Curriculum in Kediri City. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 2262– 2270. https://doi.org/10.36526/gandrung.v6i2.4757

Sahari, S. (2020). Pengembangan Media Tata Surya Berbasis Macromedia Flash sebagai Inovasi Pembelajaran ONLINE untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kebijakan Pendidikan Nusantara , 6 (1), 174-183. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14711

Saida, A., Santi, N. N., Sahari, S., Aka, K. A., Hunaifi, A. A., & Zaman, W. I. (2024). E Efektivitas Program Campus on Duty (CoD) dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar: Efektivitas Program Campus on Duty (CoD) dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 4(2), 58-68.

Sardanto, R. (2017). Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Pengalaman Pada Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 2(2), 117-129. https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i2.923

Zunaidah, F. N., & Sulistiyowati, T. I. (2023). STEM pada pengembangan modul ekologi. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 9(1), 21-29. https://doi.org/10.32764/eduscope.v9i1.3817

Zunaidah, F. N., Santi, N. N., Sahari, S., Primasatya, N., Imron, I. F., Putri, K. E., & Afya, Z. V. (2023). Pengenalan dan Penerapan Literasi Budaya melalui Program Campus On Duty (CoD). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(1), 52-61. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i1.20509

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Program ECOBOT (Eksperimen Cinta Botani) Di SDN Kraton. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 347-361. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27907

Most read articles by the same author(s)