Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Program ECOBOT (Eksperimen Cinta Botani) Di SDN Kraton
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27907Keywords:
ecobot, Tanaman, Literasi Sains, Peduli LingkunganAbstract
Program ECOBOT (Eksperimen Cinta Botani) di SDN Kraton bertujuan meningkatkan literasi sains, memberikan pengalaman belajar langsung, dan menumbuhkan kepedulian lingkungan peserta didik. Program ini dilaksanakan di SDN Kraton yang diikuti oleh suluruh peserta didik dari semua jenjang kelas. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep sains dasar serta keterampilan proses sains, seperti mengamati, mencatat, dan menganalisis pertumbuhan tanaman. Program ini menjadi bentuk inovasi edukatif yang mengintegrasikan pembelajaran sains dengan pendidikan lingkungan hidup, sekaligus menumbuhkan sikap peduli dan tanggung jawab terhadap alam sejak usia dini pada tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
APRILIANA, S., ZUNAIDAH, F. N., & NURMILAWATI, M. (2024). VALIDITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SDN GAYAM 1. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 193-206. https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3163
Kurniawan, S. (2025). Pembelajaran Sains di Luar Kelas: Membangun Minat dan Pengetahuan Sains dalam Kehidupan Sehari-hari:(Studi Kasus di SMPN 1 Tanggulangin). SEARCH: Science Education Research Journal, 3(2), 82-92. https://doi.org/10.47945/search.v3i2.1884
Muharram, N. A., Pratama, B. A., Weda, Yanti, E, S., Sugeng, I., Herpandika, R. P., & Putra R. P. (2025). Optimizing Science Literacy Through the Implementation of STEM in the Physical Education Curriculum in Kediri City. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 2262– 2270. https://doi.org/10.36526/gandrung.v6i2.4757
Sahari, S. (2020). Pengembangan Media Tata Surya Berbasis Macromedia Flash sebagai Inovasi Pembelajaran ONLINE untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kebijakan Pendidikan Nusantara , 6 (1), 174-183. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14711
Saida, A., Santi, N. N., Sahari, S., Aka, K. A., Hunaifi, A. A., & Zaman, W. I. (2024). E Efektivitas Program Campus on Duty (CoD) dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar: Efektivitas Program Campus on Duty (CoD) dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 4(2), 58-68.
Sardanto, R. (2017). Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Pengalaman Pada Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 2(2), 117-129. https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i2.923
Zunaidah, F. N., & Sulistiyowati, T. I. (2023). STEM pada pengembangan modul ekologi. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 9(1), 21-29. https://doi.org/10.32764/eduscope.v9i1.3817
Zunaidah, F. N., Santi, N. N., Sahari, S., Primasatya, N., Imron, I. F., Putri, K. E., & Afya, Z. V. (2023). Pengenalan dan Penerapan Literasi Budaya melalui Program Campus On Duty (CoD). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(1), 52-61. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i1.20509
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ovaldo Firdaus Zamzami, Salma Verlicya, Asih Nur Fadila, Bagus Amirul Mukmin, Wahyudi Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

