Implementasi Ecoprint untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Kepedulian Lingkungan pada Siswa Kelas 6 SDN Satak 2
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27891Keywords:
Ecoprint, Kreativitas, Pembelajaran Berbasis LingkunganAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas serta meningkatkan kepedulian lingkungan pada siswa kelas 6 SDN Satak 2 melalui pelatihan ecoprint. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan praktik langsung yang mencakup sosialisasi konsep ecoprint, pengumpulan daun di lingkungan sekolah, serta proses pencetakan motif pada totebag menggunakan teknik pounding. Seluruh siswa menunjukkan partisipasi yang aktif dan antusias selama kegiatan berlangsung. Hasil karya siswa memperlihatkan motif ecoprint dengan kualitas yang baik, di mana ketajaman motif dipengaruhi oleh jenis daun yang digunakan, terutama kandungan air pada daun. Program ini terbukti efektif dalam mengembangkan kreativitas visual siswa sekaligus menumbuhkan kesadaran mereka terhadap pentingnya pemanfaatan bahan alami dan perilaku ramah lingkungan.
Downloads
References
Apriyanti, E., Mukminati, S., & Susanti, T. (2024). Penerapan Ecoprint dengan Teknik Pounding Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa dan Kepedulian Lingkungan. Larisa Pengabdian Multidisiplin, 2(2), 06-11.
Handayani, D., & Minsih, M. (2023). Efforts to foster student creativity in elementary schools through environmental education. Inovasi Kurikulum, 21(2).
Manshur, M. I., Nuraisyah, F., Nurudin, A., & Badawi, B. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Totebag Sebagai Pengembangan Kreativitas Bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdisci, 1(1), 26-31.
Minarti, K., Santi, N. N., & Hunaifi, A. A. (2025). Optimalisasi Peran Guru dalam Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Seni Budaya: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 4(1), 4272-4277.
Mirbah, K., Makhmudah, L., Nirmala, Y., Rachmawati, Y., Niamah, Z. A., Maulida, Z., ... & Faizah, F. N. (2025). Pelatihan Ecoprint Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kreativitas dan Seni Ramah Lingkungan di SD Jamus. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 4(3), 248-254.
Munandar, U. (2020). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Pramesti, R. Y., Zunaidah, F. N., & Sulistiyowati, T. I. (2025, July). Efektivitas Media Nearpod Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas V SD Negeri Karangtengah 3. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 8, pp. 1433-1440).
Rahmawati, F. (2020). Pendidikan lingkungan hidup di sekolah dasar: Upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 112–120.
Widiastuti, A., & Sari, P. A. (2020). Ecoprint sebagai media pembelajaran seni berbasis lingkungan. Jurnal Seni dan Pendidikan, 5(1), 45–53.
Zunaidah, F. N. (2021). Pembelajaran berbasis lingkungan dalam menumbuhkan kreativitas dan kepedulian siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 101–110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Amelia, Abdul Aziz Hunaifi, Farida Nurlaila Zunaidah, Alfina Ika Rahmasari, Rama Puji Nugroho, Muhammad Adzam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

