Optimalisasi Proses Pembelajaran di SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i1.19532Keywords:
IndonesiaAbstract
Classroom action research is a form of self-reflection for a teacher to be able to understand social situations including in education which aims to improve the practice carried out by the teacher himself so that practice can run as expected and is relevant to the situation. Purpose Carrying out community service activities by conducting classroom action research (CAR) activities is an effort to improve the quality of learning which is one of the competency demands. In its implementation, it uses theoretical material presentation methods, discussions, and exercises for making research proposals. The implementation technique is the preparation of proposals which includes clinical proposal preparation, conveying several learning models that will be used in research, research implementation assistance, and preparation of the final report. The results achieved in this activity, the participants increased their understanding of PTK so that the knowledge obtained by the participants could be used as a process of improving learning in class. By increasing this ability the learning process can run optimally.
Downloads
References
Hamdayana, Jumanta. (2019). Metodologi Pengajaran.jakarta:Bumi Aksara.
Hidayat, Syarif dan Asip.(2015).Penelitian Tindakan Kelas.Tanggerang: Pustaka Mandiri.
Kusuma, A. P. (2019). Pelatihan Penulisan Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abadimas Adi Buana, 3(1), 13-16
Purwati, Nyoman, Ni, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Rahmatullah, &Inanna. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19–25
Salahudin, Anas.(2015).Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: CV Pustaka Setia.
Suwartono.(2014).Dasar – Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D.Bandung: Alfabeta.
Taufiq, Agus, Hera L.Mikarsa, dan Puji L. Prianto.(2012).Pendidikan Anak di SD.Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yamin, Mohamad. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.
Yudha, C. B., & Rahmad, I. N. (2020). Pelatihan penulisaan penelitian tindakan kelas (ptk) pada guru SDN Cibitung Kulon 01 Bogor. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0