Pengembangan Monopoli Berbantuan Teknologi QR Code Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Keanekaragaman Hayati Indonesia di SMP Negeri 27 Medan

Authors

  • Ali Ahmatul Umri Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Khairiza Lubis Universitas Negeri Medan
  • Masdiana Sinambela Universitas Negeri Medan
  • Wina Dyah Puspita Sari Universitas Negeri Medan
  • Widia Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Koriatul Jannah Siregar Universitas Negeri Medan
  • Al-Murizka Annisa Universitas Negeri Medan
  • Sunita Karin Purba Universitas Negeri Medan
  • Ghania Dhia Ulhaq Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v12i1.24840

Keywords:

Monopoli, QR Code, Keanekaragaman Hayati, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli berbantuan teknologi QR Code sebagai media pembelajaran IPA pada topik keanekaragaman hayati Indonesia. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 27 Medan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang mencakup tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media monopoli ini divalidasi berdasarkan tiga aspek: materi, media, dan asesmen. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 85,38% (sangat layak), ahli media memperoleh skor 91,54% (sangat layak), dan ahli asesmen memperoleh skor 93,3% (sangat layak), dengan rata-rata keseluruhan validasi sebesar 90,74%. Respons guru menunjukkan skor tertinggi pada aspek visual (93,75%), sedangkan respons siswa menunjukkan skor kelayakan keseluruhan sebesar 91,13%, dengan aspek keterarikan memperoleh skor tertinggi sebesar 93,12%.

 

References

media monopoli sebagai sarana belajar dan bermain siswa sekolah dasar dalam materi perkembangan hewan dan tumbuhan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5588-5595.

Ahmad, C. (2021). Causes of Students’ Reluctance to Participate in Classroom Discussions. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(1), 47-62.

Arends, R. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education

Arifannisa, S., Yuliasih, M., Hayati, D., Sepriano, M., Adnyana, I. N. W., Putra, P. S. U., & Pongpalilu, F. (2023). Sumber & Pengembangan Media Pembelajaran: Teori & Penerapan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru Pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Aryani, N. D., Lestari, A., Inayah, A. D., & Kurniasih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sel (Monosel). Jurnal Biotek, 7(1), 27-36.

Basyar, K. (2020). Pengembangan Pembelajaran Pai Model Addie Di Smp Insan Cendekia Mendiri Boarding School, Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 44–57.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 131-142.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia.

Cahyani, S. M. R. T., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan Media Edukatif Monopoly pada Pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Tema Pelestarian Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 315–321.

Damayanti, A. T., Fajar, M. D., & Habibbulloh, M. (2021). Monoicado: A Modification Of The Monopoly Game For Science Learning For Light And Optical Instruments. Science Education and Application Journal, 3(2), 89-101.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djali & Mujono. M. (2007). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Haqiqi, N. (2017). Penggunaan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Ekonomi di Indonesia dalam Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (3). 1335-1343.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Putra, I. I. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Heinich, R. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.

Hikmah, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Berbasis Permainan Edukasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1809–1822.

Hilmi, H., Zuhra, S. F., & Hikmah, M. (2024). Analisis Efektivitas Berbagai Jenis Media Pembelajaran Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11146–11156.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Rawamangun: PT Bumi Aksara.

Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.

Kurniawati, Y. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Pendidikan Kimia. Jakarta: Kreasi Edukasi.

Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep dan Aplikasi Pengemabangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Lailiyah, L., Kuswanti, N., & Fitriyah, L. A. (2021). Pengembangan Monopoli IPA Sebagai Media Pembelajaran Di SMP/Mts Kelas VII Pada Materi Tata Surya. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 779–786.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 198-214.

Maryana, O., Inabuy, V., Sulta, C., Hardanie, B., & Lestari, S. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII Buku Siswa. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Maryana, O., Inabuy, V., Sulta, C., Hardanie, B., & Lestari, S. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII Buku Guru. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Mayer, R., E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. (Terjemahan Teguh Wahyu Utomo). New York: Cambridge University Press.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Prenada Media.

Muttaqin, M. Z., Sarjan, M., Rokhmat, J., Muliadi, A., Azizi, A., Ardiansyah, B., Hamidi, H., Pauzi, I., Yamin, M., Rasyidi, M., Rahmatiah, R., Sudirman, S., & Khery, Y. (2022). Pemahaman Nature of Science (Hakekat IPA) Bagi Guru IPA: Solusi Membelajarkan IPA Multidimensi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 8-15.

Nurdyansyah, D. (2019). Media pembelajaran inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.

Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 749–756.

Riansah, W. (2021). Aplikasi QR Code Generator Dan QR Code Reader Menggunakan Metode Stroke Histogram. J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer online TGD, 4(1), 36-49.

Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Risanatul, R. & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Merangin Jambi. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(3), 327-335.

Rusmayana, T. (2021). Model pembelajaran ADDIE integrasi PEDATI di SMK PGRI Karisma Bangsa sebagai pengganti praktek kerja lapangan di masa pandemi COVID-19. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Sabono, R. E., J. Nirahua, & Sapulete, H. (2023). Pengembangan media Pembelajaran Permainan Monopoli untuk meningkatkan Penguasaan Materi Alat-alat optik. Physikos Journal of Physics and Physics Education, 2(1), 9–19.

Sadiman, A. (2019). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sekaran, U. (2011). Reasearch Methotds for Busines. Jakarta: Salemba Empat.

Slavin, R., E. (2006). Using Student Team Learning. Baltimore: Johns Hopkins University.

Smaldino, S., Lowter, D. & Russel, D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suciati, S., Septiana, I. & Untari, M. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175-188.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research And Development). Bandung: Alfabeta.

Sumilat, J., Supit, P., Sinombor, V., Mewengkang, D. & Sambenaung, K. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 956-966.

Sundayana. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bantung: Alfabeta

Susanti, S., Aminah, F., Mumtazah Assa’idah, I., Wati Aulia, M. & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.

Tiwari, S. (2016). An Introduction to QR Code Technology. India: SITS Educators Society.

Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, D., & Suwahono, D. (2021). Cercular Model of RD&D: Model RD&D pendidikan dan sosial. Semarang: Penerbit KBM Indonesia.

Wulandari, W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Online dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 12(2), 112–124.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-03-29

How to Cite

Pengembangan Monopoli Berbantuan Teknologi QR Code Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Keanekaragaman Hayati Indonesia di SMP Negeri 27 Medan. (2025). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 12(1), 46-59. https://doi.org/10.29407/jbp.v12i1.24840

Similar Articles

1-10 of 94

You may also start an advanced similarity search for this article.