Pengaruh Media Pembelajaran Bycard Animalia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA/MA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Bycard Animalia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini pretest-posttest control group design. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil yang didapat berdasarkan uji hipotesis pengaruh media pembelajaran Bycard Animalia terhadap berpikir kritis siswa menggunakan SPSS dengan uji Ancova, media Bycard berpengaruh sebesar 14,8%. Disarankan kepada peneliti selanjutnya media pembelajaran Bycard Animalia dapat diterapkan dengan model pembelajaran yang berbasis masalah lainnya dan sebaiknya media pembelajaran Bycard Animalia diterapkan di sekolah yang sudah mempunyai kemampuan akademik yang tinggi agar mendapat hasil yang maksimal.
References
sanaky, Dr. Hujair A., 2013, Media pembelajaran interaktif- inovatif, Yogyakarta, kaukaba dipantara.
Hartato, K Dan Abduramansayah, 2009, Metode Pembelajaran Berbasis Active Learning, Palembang, Grafika Telindo.
Fatimah, S., 2014, Pengembangan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Ii Di Mi Ma’arif Sendang Kulon Progo, Skripsi, Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negari Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.
Kurniawati, D. I., 2017, Pengembangan Media Flashcard Pada Pembelajaran Ipa Materi Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungannya Kelas V Sd Negeri Gundi Grobongan, Skripsi, Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, semarang.
Fauzi, I. T., 2017, Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Di Mi Ma’arif Sendang Kulon Progo, Skripsi, Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negari Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Zuhriyah, A., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Ipa Pada Anak Tunarungu Kelas Vii SMPLB, Skripsi, Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Sanjaya, W., 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung, Kencana.
Departemen Pendidikan Nasional, 2009, Pembelajaran Yangmengembangkan Criticall Thinking, Jakarta, Direktoral Jendral Menajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Atas.
Sanjaya, W., 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung, Kencana.
Purnasari, E., 2018, Pengaruh Model Project Baset Learning Berbasis Media Flashcard Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Protista Di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Alec, F., 2008, Berpikir Kritis Sebuah Pengantar, Jakarta, Erlangga.
eggen, p., d., k., 2012, strageti dan model pembelajaran, Jakarta, PT Indek.
Ennis, H. R., 1985, Critical Thinking, New Jersey, Prentice Hall.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License