Pengaruh Media Pembelajaran Bycard Animalia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA/MA

  • DEWI UTARI
  • Dwi Kameluh
  • Eva Nurul
Abstract views: 339 , PDF downloads: 300
Keywords: bycard animalia, kemampuan berpikir kritis, pengaruh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Bycard Animalia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini pretest-posttest control group design. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil yang didapat berdasarkan uji hipotesis pengaruh media pembelajaran Bycard Animalia terhadap berpikir kritis siswa menggunakan SPSS dengan uji Ancova, media Bycard berpengaruh sebesar 14,8%. Disarankan kepada peneliti selanjutnya media pembelajaran Bycard Animalia dapat diterapkan dengan model pembelajaran yang berbasis masalah lainnya dan sebaiknya media pembelajaran Bycard Animalia diterapkan di sekolah yang sudah mempunyai kemampuan akademik yang tinggi agar mendapat hasil yang maksimal.

References

sanaky, Dr. Hujair A., 2013, Media pembelajaran interaktif- inovatif, Yogyakarta, kaukaba dipantara.

Hartato, K Dan Abduramansayah, 2009, Metode Pembelajaran Berbasis Active Learning, Palembang, Grafika Telindo.

Fatimah, S., 2014, Pengembangan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Ii Di Mi Ma’arif Sendang Kulon Progo, Skripsi, Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negari Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Kurniawati, D. I., 2017, Pengembangan Media Flashcard Pada Pembelajaran Ipa Materi Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungannya Kelas V Sd Negeri Gundi Grobongan, Skripsi, Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, semarang.

Fauzi, I. T., 2017, Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Di Mi Ma’arif Sendang Kulon Progo, Skripsi, Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negari Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Zuhriyah, A., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Ipa Pada Anak Tunarungu Kelas Vii SMPLB, Skripsi, Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Sanjaya, W., 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung, Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional, 2009, Pembelajaran Yangmengembangkan Criticall Thinking, Jakarta, Direktoral Jendral Menajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Atas.

Sanjaya, W., 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung, Kencana.

Purnasari, E., 2018, Pengaruh Model Project Baset Learning Berbasis Media Flashcard Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Protista Di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Alec, F., 2008, Berpikir Kritis Sebuah Pengantar, Jakarta, Erlangga.

eggen, p., d., k., 2012, strageti dan model pembelajaran, Jakarta, PT Indek.

Ennis, H. R., 1985, Critical Thinking, New Jersey, Prentice Hall.

PlumX Metrics

Published
2020-10-28
How to Cite
UTARI, D., Kameluh, D., & Nurul, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Bycard Animalia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 7(2), 51 - 54. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i2.15077