Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia tumbuhan paku sekaligus mengetahui tingkat validitasnya. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan dosen biodiversitas masing-masing diperoleh persentase sebesar 83% (sangat valid), 77% (valid), dan 97% (sangat valid). Hasil uji coba lapangan (pre test dan post test) dianalisis menggunakan uji-t (t-test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Sementara respon siswa terhadap efektivitas ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar diperoleh persentase sebesar 86,50%. Dengan demikian, ensiklopedia tumbuhan paku dapat diimplementasikan sebagai sumber belajar tambahan pada materi keanekaragaman hayati
References
Nurafifah A., Budi A. S., dan Siahaan B. Z. 2017. Developing Wave Encyclopedia based on Scientific Approach. Journal of Physics. Conf. Series 895 012018.
Lusiana, N., Wahyu, P., Abdulkadir R. 2015. Pemanfaatan Pteridophyta Kawasan Hutan Pacet Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1 (2), 169-176.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Kurikulum 2013.
Nuraida, D. dan Umi M. Nisa. 2017. Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi dan Fisiologi pada Tumbuhan Berkarakter Khusus. Proceeding Biology Education Conference, 14 (1), 503-507.
Zulkarnain, Z., A. S. Budi., I. M. Astra, dan Mujadi. 2019. Development of Work and Energy Encyclopedia Based on Science Technology and Society. Journal of Physics. Conf. Series 1185 012046.
Nuurmansyah, H. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Kerajaan Hindu-Budha dan Islam Untuk Peningkatan Motivasi Belajara Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Anbaul Ulum Pakis – Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Malang, 1-138.
Ramadhani, W. P., dkk. 2015. Kegrafikan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Semnas Fisika dan Pembelajarannya, 1-9.
Ayatusa’adah dan Nor A. Dewi. 2017. Inventarisasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Kampus IAIN Palangkaraya Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5 (2), 50-61.
Ebihara, A., dkk. 2012. Rare and Threatened Pteridophytes of Asia 1. An Enumeration of Narrowly Distributed Taxa. National Science, 38 (3), 93-119.
Wijarini, F. dan Zulfadli. 2018. Desain Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Berbasis Potensi Lokal di Kota Tarakan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9 (1), 11-16.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License