Meta Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA Kelas XI
Abstract
Miskonsepsi adalah perbedaan antara konsep yang dipahami dengan penjelasan para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali miskonsepsi pada buku teks Biologi SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Meta Analisis merupakan penelitian yang membahas artikel sejenis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan miskonsepsi pada buku teks Biologi. Penelitian spesifik dengan miskonsepsi pada buku teks Biologi kelas XI SMA berjumlah 8 artikel dari 23 artikel. Hasil penelitian ditemukan miskonsepsi pada buku teks pelajaran Biologi SMA kelas XI dengan kategori rendah dan sedang. Materi dengan miskonsepsi terbesar adalah sistem imun sebesar 58,8% (miskonsepsi kategori sedang). Untuk 6 jenis buku teks Biologi, nilai rata-rata miskonsepsi pada unit gambar adalah 6,44%, sedangkan pada unit teks adalah 3,86%. Urutan kategori miskonsepsi dari yang terbesar hingga terkecil dalam unit teks adalah misidentifications, oversimplifications, overgeneralizations, undergeneralizations, dan obselete concepts and terms. Sedangkan pada unit gambar urutan kategori miskonsepsi mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil yaitu oversimplifications, misidentifications, overgeneralizations, obselete concepts and terms, dan undergeneralizations. Kategori overgeneralizations dan obsolete concepts and terms memiliki nilai yang sama. Sedangkan urutan kategori miskonsepsi pada 12 jenis buku teks dari yang terbesar hingga yang terkecil adalah oversimplifications, misidentifications, overgeneralizations, undereneralizations, dan obsolete concepts and terms.
References
Jatmika, H. M. 2014. Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Penjasorkes Kelas X SMA di Kabupaten Bantul Daerah Istemwa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2), 62-67.
Sihombing, R. I., Daulae, A. H., Sari, D. K., dan Sihombing, H. 2017. Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA Kelas X Materi Eubacteria di Kota Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2), 44-48.
Kose, S. 2008. Diagnosing Student Misconceptions: Using Drawing As A Research Method. World Applied Science Journal, 3(2), 283-293.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
Imran, R.F., Zulyusri & Advinda, L. 2015. Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi SMA Kelas XI Semester I. Jurnal PENDIPA, 2(2), 57-64.
Suparno. P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
Suparno. P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.
Farihah, A. N., Pukan, K. K., & Marianti, A. 2016. Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Regulasi Pada Siswa Kelas XI SMA Kota Semarang. Journal of Biology Education, 5(3), 319–329.
Chiappetta, L. E., & Fillman, A. D. 2007. Analysis of Five High School Biology Textbooks Used in the United States for I nclusion of the Nature of Science. International Journal of Science Education, 29(15), 1847-1868.
Respatiningrum, N., Radiyono Y., dan Wiyono E. 2015. Analisis Miskonsepsi Materi Fluida pada Buku Ajar Fisika SMA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(1), 313-317.
Putri, B.O.K. 2018. Profil Miskonsepsi Buku Teks pada Konsep Enzim dan Metabolisme Sel Kelas XII SMA di Kabupaten Sidoarjo. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 468-477.
Kurniasih, M. D. 2017. Analisis Miskonsepsi Mahasiswa dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Anatomi Tubuh Manusia. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 1–11.
Irani, N.F., Zulyusri, Darussyamsu, R., 2020, Miskonsepsi Materi Biologi SMA dan Hubungannya dengan Pemahaman Siswa. Jurnal Biolokus, 3(2), 348-355.
Fajriana N., Abdullah dan Safrida. 2016. Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI Semester 1 SMAN di Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(1), 60-65.
Agustina, R., Sipahutar, H, Harahap F. 2016. Analisis Miskonsepsi pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 113-118.
Hidayati, I., Abdullah, Sabri M. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf pada Buku
Teks Biologi Kelas XI. Jurnal Biotik, 3(1), 39-44.
Suranti, T., Suratsih, & Henuhili, V. 2017. Miskonsepsi Materi Genetika dalam Buku Biologi SMA Kelas XII yang ditulis Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(2), 47–64.
Chairunnisa, S., Sukiya, & Rahayu, T. 2018. Analisis Miskonsepsi Sistem Pernapasan pada Buku Teks Biologi SMA Kelas XI di Kabupaten Banyumas. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 7(4), 294-300.
Nugroho, F.A. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia pada Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(5), 13-22.
Ramadhan A.N. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf Manusia dalam Buku Teks Biologi SMA di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6), 37-45.
Pangestika, A. & Widyaningrum T. 2018. Identifying Conceptual Mistakes on SMA Teaching Books in Materials of Imune System for Eleventh Graders. International Journal of Active Learning, 3(2), 50-57.
Suwarna, I.W. 2020. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Pelajaran Fisika Melalui CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. UIN Syarif Hidayatullah.
Wijiningsih, T.A., Harjana T., Sukiya. 2016. Analisis Miskonsepsi Materi Struktur-Fungsi Jaringan Hewan dalam Buku Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 70-79.
Hershey, D.R. 2005. More Misconceptions to Avoid When Teaching about Plants.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License