POTENSI NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA MULTIETNIS DALAM MEMPENGARUHI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Menghadapi perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK), diperlukan kualitas sumber daya manusia. Ciri
manusia yang berkualitas adalah memiliki keterampilan berpikir kritis. Rendahnya keterampilan berpikir
kritis dapat disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menanamkan nilai-nilai karakter pada
mahasiswa yang memiliki latar belakang multietnis. Nilai-nilai karakter dari setiap etnis memiliki potensi
dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis seseorang. Kajian dalam tulisan ini mengungkap potensi
nilai-nilai karakter pada mahasiswa multietnis dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis biologi.
Adapun etnis yang dikaji meliputi etnis Dayak, Melayu, dan Jawa. Berbagai kajian literatur mendeskripsikan
bahwa ketiga etnis tersebut memiliki nilai-nilai karakter yang berpotensi dalam mempengaruhi keterampilan
berpikir kritis mahasiswa biologi. Adanya potensi dari nilai-nilai karakter pada mahasiswa multietnis,
mendorong dosen untuk menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang bernuansa pendidikan karakter,
salah satunya adalah strategi pembelajaran Jigsaw, Reading, Questioning, Answering (JiRQA).
Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Multietnis, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License