POTENSI NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA MULTIETNIS DALAM MEMPENGARUHI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • yakobus bustami

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v3i1.441

Abstract

Menghadapi perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK), diperlukan kualitas sumber daya manusia. Ciri
manusia yang berkualitas adalah memiliki keterampilan berpikir kritis. Rendahnya keterampilan berpikir
kritis dapat disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menanamkan nilai-nilai karakter pada
mahasiswa yang memiliki latar belakang multietnis. Nilai-nilai karakter dari setiap etnis memiliki potensi
dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis seseorang. Kajian dalam tulisan ini mengungkap potensi
nilai-nilai karakter pada mahasiswa multietnis dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis biologi.
Adapun etnis yang dikaji meliputi etnis Dayak, Melayu, dan Jawa. Berbagai kajian literatur mendeskripsikan
bahwa ketiga etnis tersebut memiliki nilai-nilai karakter yang berpotensi dalam mempengaruhi keterampilan
berpikir kritis mahasiswa biologi. Adanya potensi dari nilai-nilai karakter pada mahasiswa multietnis,
mendorong dosen untuk menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang bernuansa pendidikan karakter,
salah satunya adalah strategi pembelajaran Jigsaw, Reading, Questioning, Answering (JiRQA).
Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Multietnis, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2016-10-18

How to Cite

bustami, yakobus. (2016). POTENSI NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA MULTIETNIS DALAM MEMPENGARUHI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 3(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v3i1.441

Most read articles by the same author(s)