Lesson Learn Di SMA Negeri 5 Kediri Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Strukrur Dan Fungsi Sel Penyususn Jaringan Hewan
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbp.v6i1.12894Keywords:
Lesson Learn, Biologi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik terbaik, kendala, dan upayadalam proses
pembelajaran di SMA Negeri 5 Kediri pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan hewan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh untuk
pembelajaran struktur dan fungsi sel penyusun jaringan hewan dengan menggunakan metode
diskusi dan eksperimen, kendala yang ditemukan proses pembelajaran di SMA Negeri 5 Kediri yaitu
dalam proses pembelajaran jika menggunakan metode yang sama dalam beberapa kali pertemuan
menyebabkan kebosanan pada siswa, siswa cenderung tidak mau membaca baik modul maupun
buku pegangan yang telah dimiliki, dan alokasi waktu yang tidak sesuai. Sedangkan upaya yang
dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran, meminta siswa
untuk membaca sumber sebelum memulai pembelajaran.
Kata kunci: Lesson Learn, Biologi.
References
. Fajar, Nl. 2016. Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di
Kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan. Jurnal Ta’dib. Vol 19. No. 2. Desember 2016.
. Djamarah, S. B. i dan Z, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
. Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
. Majid, A. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
. Subiyanto. 1990. Strategi Belajar Mengajar IPA. Malang: IKIP Malang
. Lufri. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: BumiAksara
. Prianto, P. T. 2017. Metode Diskusi Macromedia Flash Untuk Peningkatan Hasil Belajar Alat
Ukur Mekanik. Jurnal Vokasi. Vol. 5. No. 1. Juni 2017.
. Andisari, L. 2015. Penggunaan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran
IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 3. No. 1,
Januari 2015. 15-20 ISSN:2337-7623; EISSN: 2337-7615
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License