Respon Siswa Terhadap Modul Pembelajaran Berbasis Savi (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) Pada Materi Ekosistem Di SMAN 1 Papar

  • valentina nunung
  • Mumun Nurmilawati
  • Tutut Indah
Abstract views: 352 , PDF downloads: 2966
Keywords: respon siswa, modul pembelajaran, ekosistem

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran
berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) pada materi ekosistem. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan uji coba skala kecil.  Instrumen penelitian
menggunakan angket respon siswa. Hasil respon 10 siswa uji coba kelompok kecil terhadap modul
ekosistem adalah sebesar 81,9% dengan kriteria sangat positif sehingga modul dapat digunakan
dalam pembelajaran biologi pada materi ekosistem.
Kata kunci: respon siswa, modul pembelajaran, SAVI.

References

. LKKP UNHAS. 2015. Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik.

Makassar: UNHAS.

. Madya, D., Widyaiswara. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul (online).

Tersedia: http:www.vedmalang.com, diunduh 23 Mei 2018.

. Novitayani, L., Sukarmin., Sukarmi. 2016. Pengembangan Modul Fisika Berbasis

Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Untuk Meningkatkan

Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA Dengan Topik Kalor Dan

Perpindahannya. Jurnal Inkuiri, 5 (2): 20-29.

. Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook. New York: McGrawHill.

. Suherman, Erman. 2008. Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi

Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 5 (2): 1-31.

. Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Departement of Educational

Psychology and Instructional Technology. University of Georgia.

. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

. Widyastuti, T. Ari. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi

Organisasi Kehidupan Untuk Siswa Kelas VII di SMPN 2 Papar. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Kediri: UN PGRI Kediri.

PlumX Metrics

Published
2019-04-08
How to Cite
nunung, valentina, Nurmilawati, M., & Indah, T. (2019). Respon Siswa Terhadap Modul Pembelajaran Berbasis Savi (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) Pada Materi Ekosistem Di SMAN 1 Papar. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 6(1), 36-38. https://doi.org/10.29407/jbp.v6i1.12896
Section
Artikel