Respon Siswa Terhadap Modul Pembelajaran Berbasis Savi (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) Pada Materi Ekosistem Di SMAN 1 Papar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran
berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) pada materi ekosistem. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan uji coba skala kecil. Instrumen penelitian
menggunakan angket respon siswa. Hasil respon 10 siswa uji coba kelompok kecil terhadap modul
ekosistem adalah sebesar 81,9% dengan kriteria sangat positif sehingga modul dapat digunakan
dalam pembelajaran biologi pada materi ekosistem.
Kata kunci: respon siswa, modul pembelajaran, SAVI.
References
. LKKP UNHAS. 2015. Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik.
Makassar: UNHAS.
. Madya, D., Widyaiswara. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul (online).
Tersedia: http:www.vedmalang.com, diunduh 23 Mei 2018.
. Novitayani, L., Sukarmin., Sukarmi. 2016. Pengembangan Modul Fisika Berbasis
Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Untuk Meningkatkan
Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA Dengan Topik Kalor Dan
Perpindahannya. Jurnal Inkuiri, 5 (2): 20-29.
. Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook. New York: McGrawHill.
. Suherman, Erman. 2008. Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi
Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 5 (2): 1-31.
. Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Departement of Educational
Psychology and Instructional Technology. University of Georgia.
. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
. Widyastuti, T. Ari. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi
Organisasi Kehidupan Untuk Siswa Kelas VII di SMPN 2 Papar. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Kediri: UN PGRI Kediri.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License