MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 MALANG

Authors

  • ika dewi sumiati

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v5i2.12579

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Simas eric (Skimming,
Mindmapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) terhadap motivasi belajar Biologi
siswa kelas XI di SMAN 1 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu
dengan desain non-equivalent pretest posttest control group. Sampel yang digunakan ialah siswa
kelas XI-IA 6 dan XI-IA 7 di SMAN 1 Malang. Data dikumpulkan melalui hasil angket dan observasi
motivasi siswa. Analisis data menggunakan tehnik Anakovayang menunjukkan hasil model
pembelajaran Simas ericberpengaruh terhadap motivasi belajar Biologi siswa kelas XI di SMAN 1
Malang.
Keywords: motivasi, Simas eric

PlumX Metrics

Published

2018-11-07

How to Cite

sumiati, ika dewi. (2018). MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 MALANG. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 5(2). https://doi.org/10.29407/jbp.v5i2.12579