Poster Sebagai Media Edukasi Konservasi Capung Dan Kupu-Kupu Bagi Pengunjung Kawasan Wisata Irenggolo Kediri
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang poster sebagai media edukasi konservasi bagi pengunjun gkawasan wisara Irenggolo Kediri. Penelitian ini dilakukan sebagai evaluasi media edukasi konservasi bagi pengunjung. Teknik pengambilan data adalah dengan melakukan pengamatan terhadap poster yang dipasang di beberapa tempat strategis yang dikunjungi atau dilalui. Penelitian yang dilakukan pada bulan Juni hingga Desember 2018 ini adalah penelitian kualitatif. Hasil pengamatan disajikan secara narasi dan dalam diagram. Pengunjung anak-anak akan kembali melihat poster sebanyak dua sampai empat kali. Pengunjung dewasa berhenti dan langsung membaca hingga akhir. Sebanyak 52% pengunjung usia anak-anak menghabiskan waktu lebih dari lima menit untuk menyentuh poster dan langsung mencari kupu-kupu seperti pada gambar. Berdasarkan wawancara sederhana, sebanyak 83% pengunjung memberikan tanggapan positif terhadap informasi dalam poster.
References
Sulistiyowati, TI dan Rahmawati, Ida. 2018. Keanekaragaman dan Kemelimpahan Kupu-Kupu di Kawasan Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri. Stigma. Vol 11 No 2 (1-8)
Fermon, H. 2002. The Butterfly Community of a Managed West African Rainforest: Patterns of Habitat Specificity, Diversity, Stratification and Movement. Dissertation. University of Gottingen, Gottingen, Germany.
Rahmawati, Ida., Sulistiyowati, TI., dan Nurohim, Amila. 2018. Bagian Tumbuhan Yang Digunakan Capung (Odonata) Untuk Hinggap Di Kawasan Wisata Air Terjunirenggolo Kediri. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. Vol 5 No 2 (38-40)
Rahmawati, Ida ., dan Sulistiyowati, TI. 2019. Jenis Tumbuhan yang Sering Dikunjungi Kupu-Kupu di Kawasan Wisata Air Terjun Irenggolo Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Hayati VII 2019 (1-5)
Sulistiyowati, TI. 2017. Tingkat Pemahaman Masyarakat Desa Besuki Terhadap Edible Insect : Kajian Awal Introduksi Berbagai Produk Olahan Berbahan Dasar Serangga Sebagai Sumber Protein. Prosiding Seminar Nasional PEI Cabang Bandung (189-191)
Prameswari, IT., Sulistiyowati, TI., Sulistiono., Primandiri, PR. 2017. Media Pengenalan Jenis Capung (Odonata) Sebagai Langkah Awal Konservasi Capung di Kawasan Wisata Air Terjun Ironggolo Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional PEI Cabang Bandung (64-66)
Hidi, S. 2001. Interest, Reading, and Learning: Theoritical and Practical Consideration. Educational Psychology Review 13 (3).
Schiefele, U., & Schaffner, E. (2016). Factorial and construct validity of a new instrument for the assessment of reading motivation. Reading Research Quarterly, 51(2), 221–237.
Gregory, R. J. (2004). Psychological Testing: History, Principles, and Applications, 4 th Ed. Boston, MA: Allyn and Bacon.
Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades, Sixth Edition. Boston: Allynan Bacon.
Herlina, Emi Silvia. 2019. Membaca untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pioner LPPM Universitas Asahan 5(4): 332-342.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License