Nilai Kearifan Lokal Genius dalam Cerita Rakyat Seri Bergambar Ande-Ande Lumut

The Value of Local Wisdom Genius in the Illustrated Folklore Series of "Ande-Ande Lumut"

  • Moh. Bagus Irfan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 216 , pdf downloads: 218
Keywords: kearifan lokal, lokal genius

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu nilai kearifan lokal cerita rakyat ande-ande lumut pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah dalam pemenuhan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk pemecahan masalah mendeskripsikan nilai kearifan lokal local genius dalam cerita rakyat ande-ande lumut. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori struktural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita rakyat ande-ande lumut terdapat nilai kearifan local genius meliputi: disiplin, mengendalikan diri, berpikir positif, rasa cinta, kasih sayang, dan tangguh

References

Bidang Pendayagunaan dan Pelayanan. 2016. Analisis Kearifan Lokal Ditinjau dari Budaya. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud

Danandjaja, James. 1994. Folkore Indonesia, Teori, Metode. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Gunawan, I. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik Cetakan V. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rosmana, T. 2010. Mitos dan Nilai dalam Cerita Rakyat Masyarakat Lampung. Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung, 192.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Silombing, S. M., & Rosmaini. 2021. Nilai-Nilai Budaya dalam Foklor "Pesta Gotilon" di Siborongborong. Jurnal Sasindo, 1.

Sujarwoko, Agan, S., & Sasongko, S. D. 2021. Nilai Tauhid Kearifan Lokal Representasi Pengembangan Desa Wisata Religi di Makam Gus Miek. Jurnal Bahasa dan Sastra, 66.

Waryanti, E., Puspitoningrum, E., Violita, D. A., & Muarifin, M. 2021. Struktur Cerita Anak dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran)

Wibowo, D. P., Setyawan, B. F., & Astuti, K. S. 2021. Pembelajaran Seni Pertunjukan Anak Usia Dini di Masa Pandemi dengan Local Genius. Tandik: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni.

PlumX Metrics

Published
2021-04-25
How to Cite
Irfan, M. B., Rahmayantis, M. D., & Puspitoningrum, E. (2021). Nilai Kearifan Lokal Genius dalam Cerita Rakyat Seri Bergambar Ande-Ande Lumut: The Value of Local Wisdom Genius in the Illustrated Folklore Series of "Ande-Ande Lumut". Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1), 66-72. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17639
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2