PENGARUH EDUKASI TERAPI WICARA MANDIRI DI RUMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN ANAK SPEECH DELAY
DOI:
https://doi.org/10.29407/judika.v9i1.25234Keywords:
speech delay, perkembangan anak, media flip chart, terapi wicaraAbstract
Anak dengan kondisi speech delay, mempunyai kemampuan produksi suara dan berkomunikasi dibawah rata-rata anak seusianya. Terapi wicara merupakan solusi yang sesuai untuk mengatasi gangguan keterlambatan berbicara, bahasa dan motorik. Selain dengan terapi yang dilakukan di RS diperlukan stimulasi oleh orang tua agar perawatan anak lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flip chart sebagai edukasi terapi wicara terhadap tingkat pengetahuan orang tua. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre experimental one group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan 73 sampel orang tua dengan teknik Accidental Sampling. Tingkat pengetahuan orang tua pada penelitian ini mayoritas kategori baik dengan peningkatan setelah diberikan edukasi melalui flip chart sebanyak 7,93% dan dari hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai sig 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari edukasi terapi wicara melalui media flip chart terhadap tingkat pengetahuan orang tua di RSUD Gambiran Kediri. Bagi tempat penelitian disarankan untuk lebih meningkatkan upaya pelaksanaan pendidikan kesehatan melalui penyediaan media cetak sebagai sarana penyampaian materi salah satunya dengan menggunakan media flip chart.
Downloads
References
Adriani, L., & Linar, C. (2021). Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak. 1, 31–35.
Budiarti. (2023). p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920. 4(02), 112–121.
Hartanto, W. S. (2018). Deteksi Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak. 45(7), 545–549.
Jaishankar, D., Raghuram, T., Raju, B. K., Swarna, D., Parekh, S., Chirmule, N., & Gujar, V. (2025). A Biopsychosocial Overview of Speech Disorders : Neuroanatomical , Genetic , and Environmental Insights Speech development. 1–25.
Meschino, W. S., & Fccmg, F. (2003). The child with developmental delay : An approach to etiology. 8(1).
Norlita, W., & Rizky, M. (2022). Jurnal Kesehatan As-Shiha Pengetahuan Orang Tua tentang Gangguan Perkembangan Speech Delay pada Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas.
Oerbeck, B., Romvig, K., Murray, O., Are, B. S., Pripp, H., & Kristensen, H. (2018). Treatment of selective mutism : a 5 ‑ year follow ‑ up study. European Child & Adolescent Psychiatry, 27(8), 997–1009. https://doi.org/10.1007/s00787-018-1110-7
Putri, I. (2019). Down Syndrome Melalui Pelayanan Terapi Wicara. 30, 35–46. https://doi.org/10.24014/jdr.v30i1.6999
Rogalsky, C., Basilakos, A., Rorden, C., Pillay, S., Lacroix, A. N., Keator, L., Mickelsen, S., Anderson, S. W., Love, T., Fridriksson, J., Binder, J., & Hickok, G. (2022). The Neuroanatomy of Speech Processing : A Large-scale Lesion Study. 1355–1375.
Suhadi, I. (2020). Jurnal Penelitian Perawat Profesional. 2, 227–234.
Yulianto, A., Sufiati, N., Rokhima, N., Pgsd, P., Pendidikan, U., & Sorong, M. (2022). Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License