PENGARUH EDUKASI TERAPI WICARA MANDIRI DI RUMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN ANAK SPEECH DELAY

Authors

  • Sheylla Septina Margaretta Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Paramita Ratna Gayatri Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Ely Isnaeni Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Yuan Guruh Pratama Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/judika.v9i1.25234

Keywords:

speech delay, perkembangan anak, media flip chart, terapi wicara

Abstract

Anak dengan kondisi speech delay, mempunyai kemampuan produksi suara dan berkomunikasi dibawah rata-rata anak seusianya. Terapi wicara merupakan solusi yang sesuai untuk mengatasi gangguan keterlambatan berbicara, bahasa dan motorik. Selain dengan terapi yang dilakukan di RS diperlukan stimulasi oleh orang tua agar perawatan anak lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flip chart sebagai edukasi terapi wicara terhadap tingkat pengetahuan orang tua. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre experimental one group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan 73 sampel orang tua dengan teknik Accidental Sampling. Tingkat pengetahuan orang tua pada penelitian ini mayoritas kategori baik dengan peningkatan setelah diberikan edukasi melalui flip chart sebanyak 7,93% dan dari hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai sig 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari edukasi terapi wicara melalui media flip chart terhadap tingkat pengetahuan orang tua di RSUD Gambiran Kediri. Bagi tempat penelitian disarankan untuk lebih meningkatkan upaya pelaksanaan pendidikan kesehatan melalui penyediaan media cetak sebagai sarana penyampaian materi salah satunya dengan menggunakan media flip chart.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, L., & Linar, C. (2021). Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak. 1, 31–35.

Budiarti. (2023). p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920. 4(02), 112–121.

Hartanto, W. S. (2018). Deteksi Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak. 45(7), 545–549.

Jaishankar, D., Raghuram, T., Raju, B. K., Swarna, D., Parekh, S., Chirmule, N., & Gujar, V. (2025). A Biopsychosocial Overview of Speech Disorders : Neuroanatomical , Genetic , and Environmental Insights Speech development. 1–25.

Meschino, W. S., & Fccmg, F. (2003). The child with developmental delay : An approach to etiology. 8(1).

Norlita, W., & Rizky, M. (2022). Jurnal Kesehatan As-Shiha Pengetahuan Orang Tua tentang Gangguan Perkembangan Speech Delay pada Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas.

Oerbeck, B., Romvig, K., Murray, O., Are, B. S., Pripp, H., & Kristensen, H. (2018). Treatment of selective mutism : a 5 ‑ year follow ‑ up study. European Child & Adolescent Psychiatry, 27(8), 997–1009. https://doi.org/10.1007/s00787-018-1110-7

Putri, I. (2019). Down Syndrome Melalui Pelayanan Terapi Wicara. 30, 35–46. https://doi.org/10.24014/jdr.v30i1.6999

Rogalsky, C., Basilakos, A., Rorden, C., Pillay, S., Lacroix, A. N., Keator, L., Mickelsen, S., Anderson, S. W., Love, T., Fridriksson, J., Binder, J., & Hickok, G. (2022). The Neuroanatomy of Speech Processing : A Large-scale Lesion Study. 1355–1375.

Suhadi, I. (2020). Jurnal Penelitian Perawat Profesional. 2, 227–234.

Yulianto, A., Sufiati, N., Rokhima, N., Pgsd, P., Pendidikan, U., & Sorong, M. (2022). Penggunaan Media Flip Chart terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. 4(1).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-04-30

How to Cite

PENGARUH EDUKASI TERAPI WICARA MANDIRI DI RUMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN ANAK SPEECH DELAY . (2025). Judika (Jurnal Nusantara Medika), 9(1), 67-75. https://doi.org/10.29407/judika.v9i1.25234

Similar Articles

1-10 of 58

You may also start an advanced similarity search for this article.