HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL - EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI PAUD TAPAS AL HILAL KOTA KEDIRI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Teknologi semakin berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan zaman, salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah gadget. Gadget sangat menarik bagi anak karena memiliki karakteristik yang menarik, namun penggunaan gadget pada anak yang berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak terutama pada anak prasekolah. Peran orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak sangat mempengaruhi perkembangan sosial-emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan sosial-emosianal anak prasekolah.
Desain pada penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross- sectional dengan Teknik pengambilan sampel total sampling sebanyak 44 responden. instrument yang digunakan kuesioner.
Hasil penelitian sebagian besar 65,9% responden memiliki pola asuh demokratis dan hampir setengahnya 47,7% responden memiliki sosial – emosional cukup, pada hasil pola asuh dengan perkembangan sosial emosional di dapatkan bahwa hampir setengahnya 36,36% memiliki pola asuh yang demokratis memiliki perkembangan sosial emosional baik. Analisis dengan uji Spearman rank ρ=0,000 <α=0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial - Emosional Anak Prasekolah Di PAUD Tapas Al Hilal Kota Kediri. Diharapkan orang tua menerapkan pola asuh demokratis sehingga perkembangan sosial-emosiaonal anak dapat meningkat dengan baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
-
Dwinita, K., Pande, K., & Susilawati, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah. 6(2), 1081–1092.
Erlina F. Santika. (2023). Hampir Separuh Anak Usia Dini Sudah Gunakan HP dan Mengakses Internet pada 2022. Databoks.
Fatmala, S., Bintoro, H. S., & Ardianti, S. D. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua selama Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 1–10.
Fauziah, H. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Smarphone terhadap Pola asuh Anak. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Fetty, W., & Ristiawanti. (2018). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Kebebasan Penggunaan Gadget Pada Anak Di SD Negeri Burat Kecamatan Kipil Kabupaten Wonosobo. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 9, 18–28.
Helma Amelia Apriani, Sumardi, elen. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4406–4416.
Khotimah, A. nurul. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di TK AL Hidayah Plus Madiun. STIKES Bhakti Husada madiun.
Nurmalitasari. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Prasekolah. buletin Psikologi (pp. 103–111).
Nurmasyitah. (2014). Dampak Pola Asuh Orang Tua Dan Guru Terhadap Kecerdasan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial pada Anak Usia PraSekolah. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47.
Ratna. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai.Universitas Panca Sakti Bekasi, 2(2).
Riyanti. (2017). Pola Asuh Yang Efektif Dalam Era Digital. Pendidikan Dan Kebudayaan Misio, 10, 137–273.
Tutia Rahmi. (2022). Skripsi. Peran Orangtua Dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak-Anak Prasekolah Di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh.
Yustina, A., & Setyowati, S. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengunaan Gaget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 10(1), 1–7.