Main Article Content
Abstract
Teknologi semakin berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan zaman, salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah gadget. Gadget sangat menarik bagi anak karena memiliki karakteristik yang menarik, namun penggunaan gadget pada anak yang berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak terutama pada anak prasekolah. Peran orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak sangat mempengaruhi perkembangan sosial-emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan sosial-emosianal anak prasekolah.
Desain pada penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross- sectional dengan Teknik pengambilan sampel total sampling sebanyak 44 responden. instrument yang digunakan kuesioner.
Hasil penelitian sebagian besar 65,9% responden memiliki pola asuh demokratis dan hampir setengahnya 47,7% responden memiliki sosial – emosional cukup, pada hasil pola asuh dengan perkembangan sosial emosional di dapatkan bahwa hampir setengahnya 36,36% memiliki pola asuh yang demokratis memiliki perkembangan sosial emosional baik. Analisis dengan uji Spearman rank ρ=0,000 <α=0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial - Emosional Anak Prasekolah Di PAUD Tapas Al Hilal Kota Kediri. Diharapkan orang tua menerapkan pola asuh demokratis sehingga perkembangan sosial-emosiaonal anak dapat meningkat dengan baik.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Dwinita, K., Pande, K., & Susilawati, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah. 6(2), 1081–1092.
- Erlina F. Santika. (2023). Hampir Separuh Anak Usia Dini Sudah Gunakan HP dan Mengakses Internet pada 2022. Databoks.
- Fatmala, S., Bintoro, H. S., & Ardianti, S. D. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua selama Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 1–10.
- Fauziah, H. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Smarphone terhadap Pola asuh Anak. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
- Fetty, W., & Ristiawanti. (2018). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Kebebasan Penggunaan Gadget Pada Anak Di SD Negeri Burat Kecamatan Kipil Kabupaten Wonosobo. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 9, 18–28.
- Helma Amelia Apriani, Sumardi, elen. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4406–4416.
- Khotimah, A. nurul. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di TK AL Hidayah Plus Madiun. STIKES Bhakti Husada madiun.
- Nurmalitasari. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Prasekolah. buletin Psikologi (pp. 103–111).
- Nurmasyitah. (2014). Dampak Pola Asuh Orang Tua Dan Guru Terhadap Kecerdasan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
- Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial pada Anak Usia PraSekolah. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47.
- Ratna. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai.Universitas Panca Sakti Bekasi, 2(2).
- Riyanti. (2017). Pola Asuh Yang Efektif Dalam Era Digital. Pendidikan Dan Kebudayaan Misio, 10, 137–273.
- Tutia Rahmi. (2022). Skripsi. Peran Orangtua Dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak-Anak Prasekolah Di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh.
- Yustina, A., & Setyowati, S. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengunaan Gaget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 10(1), 1–7.