Pengaruh Status Gizi Terhadap Gaya Belajar Anak Usia Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.29407/judika.v5i1.13514Keywords:
Status Gizi, Gaya Belajar, Anak Usia SekolahAbstract
Kebutuhan zat gizi yang diperlukan anak sekolah selain untuk proses kehidupan, juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan kognitif anak.Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui pengaruh status gizi terhadap kecenderungan gaya belajar anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional, besar sampel 32 anak dengan metode simple random sampling . Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman (@=0,05). Data status gizi diperoleh dengan pengukuran berat badan dan umur serta indek masa tubuh. dipresentasikan dengan nilai Zscore tinggi badan menurut umur (TB/U) Data gaya belajar diperoleh dengan quesioner. Hasil analisa menunjukkan mayoritas dari anak yang mempunyai status gizi normal mempunyai kecenderungan gaya belajar tipe kinesthetic. Status gizi yang normal mampu memaksimalkan anak untuk berekplorasi, bergerak aktif untuk menunjang prestasi belajarnya. Peningkatan peran orangtua dan peran sekolah dalam memberikan asupan gizi yang adekuat sesuai dengan kebutuhan anak agar status gizinya menjadi baik.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono, 2009.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aisyah, Siti, et.al,2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Univesitas Terbuka
Almatsier, Sunita, 2012.Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Almatsier, Sunita, Susirah S, dan Moesijanti S,2011. Gizi Seimbang dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
An Education Perspective. Terjemahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DePorter, Bobby & Hernacki, Mike. (2000). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa.
Dewi Indriawati, 2013. Hubungan Antara Status Gizi dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kesulitan Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7. Edisi 1 April 2013
Francisco J. Rosales, J. Steven Reznick & Steven H. Zeisel., 2009. Understanding the role of nutrition in the brain and behavioral development of toddlers and preschool children: identifying and addressing methodological barriers. Nutritional Neuroscience An International Journal on Nutrition, Diet and Nervous System Vol. 12, Iss. 5, 2009 Volume 12, 2009
Herbold, Nancie,2013. Buku Saku Nutrisi,Jakarta:EGC
Katherine Alaimo, Christine M. Olson, Edward A.2001. Food Insufficiency and American School-Aged Children's Cognitive, Academic, and Psychosocial Development. Frongillo, Jr. AAP News& Journals Pediatrics. July 2001, Volume 108 / Issue 1
Raharjo, Trubus & Ahyani, Latifah Nur,2007. Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Usia Dini.Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
Sally M. Grantham-Mc Gregor, Lia C.H. Fernald , 2013. Effects of integrated child development and nutrition interventions on child development nd nutritional status. Annals of the new York academy of sciences journal. Volume 1308, Pages 11–32. First published: 4 November 2013
Santrock, John W.,2007. Perkembangan Anak, Terjemahan, Jakarta: Penerbit Erlangga
Setiadi, 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: EGC
Sidiarto, Lily Djokosetio, 2007.Perkembangan Otak Dan Kesulitan Belajar Pada Anak, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Yusri Wahyuni,2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual,Auditorial,Kinesthetic)Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM. Volume 10.No.2
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License